Menkominfo Tinjau Media Center KTT AIS Forum 2023

Menkominfo Tinjau Media Center KTT AIS Forum 2023
Menkominfo Budi Arie Setiadi saat meninjau Media Center KTT AIS Forum 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center, Badung, Bali, Selasa (10/10/2023). - (FBI/BAKTI Kominfo)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi meninjau Media Center Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island State (AIS) Forum 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Badung, Bali, Selasa (10/10/2023).

Menteri Budi Arie bertanya langsung kepada jurnalis mengenai fasilitas dan layanan di Media Center KTT AIS Forum 2023. Tak kurang dari 280 jurnalis dari berbagai negara hadir dan meliput gelaran tersebut.

“Makanan cukup? Kopi oke? Media Center nggak jauh kan dari area konferensi pers?” tanya Menteri Budi Arie. Beberapa jurnalis menjawab pertanyaan Menkominfo dengan anggukan kepala dan unjuk dua ibu jari tangan.

Selama KTT AIS Forum digelar di BNDCC, Bali, para jurnalis dapat mengakses internet berkecepatan tinggi baik melalui WIFI maupun jaringan LAN yang disediakan di Media Center. Tak hanya fasilitas berupa alat kerja dan jaringan internet yang baik, Kementerian Kominfo juga telah melakukan antisipasi kemungkinan adanya gangguan sinyal maupun frekuensi.

“Fasilitasnya oke, Media Center ini membuat nyaman wartawan, bandwidth oke, frekuensi oke dan semua dapat digunakan dengan baik,” ujar Menteri Budi Arie usai peninjauan.

Dalam peninjauan Menkominfo Budi Arie Setiadi didampingi Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong, Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail, Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Wayan Toni Supriyanto.

Sehari sebelumnya, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong menjelaskan fasilitas di Media Center KTT AIS Forum 2023 disediakan serba digital. Materi siaran pers hingga akses WiFi yang menggunakan Kode QR Standar Indonesia (QRIS) atau barcode.  

"Kita siapkan virtual newsroom dalam bentuk grup aplikasi pesan instan, kirimkan materi baik untuk wartawan asing maupun wartawan dalam negeri yang tidak bisa datang ke media center. Jadi transformasi digital itu betul-betul terimplementasi dalam media center dan komunikasi publik kita,” jelasnya.

Mengenai kualitas dan kesiapan jaringan telekomunikasi dan internet, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail menyatakan optimisme sudah memadai untuk mendukung perhelatan forum bagi negara kepulauan pertama ini.

"Bali infrastruktur sudah sangat memadai untuk even internasional. Dan di media center sudah disiapkan infrastruktur untuk meng-handle 250 sampai antisipasi 500 wartawan," tuturnya.

Namun demikian, Kementerian Kominfo juga telah melakukan antisipasi agar kerja jurnalis tetap berjalan lancar dengan menyediakan perangkat cadangan yang bisa dimanfaatkan jurnalis di media center.

"Biasanya ada standar prosedur untuk keamanan kepala negara. Kami juga sudah menyiapkan akses kabel LAN agar bisa digunakan wartawan," ungkapnya.

Media Center KTT AIS Forum 2023 telah mulai beroperasi mulai hari Senin (09/10/2023) sampai Rabu (11/10/2023). Media center membuka layanan mulai pukul 08:00 sampai dengan 22.00 WITA setiap hari.(rilis)

 

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index