Ketua DPRD Rohil Ikuti Arak-arakan dan Naiki Replika Kapal Tongkang

Ketua DPRD Rohil Ikuti Arak-arakan dan Naiki Replika Kapal Tongkang
Arak-arakan replika kapal tongkang diikuti Ketua DPRD Rohil Maston dimulai dari Kelenteng Ing Hok King, Bagansiapiapi, Kabupaten Rohil, Riau, Selasa (4/7/2023) sore. (Abdul Arif Rusni, RiauKarya.com)

BAGANSIAPIAPI - Ritual Bakar Tongkang dimulai dari Kelenteng Ing Hok King, Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, Selasa (4/7/2023) sore.  Arak-arakan manusia membawa dupa mengikuti replika kapal tongkang disepanjang Jalan Kelenteng menuju tempat pembakaran.

Setiap langkah perjalanan menggambarkan kisah leluhur nenek moyang mereka dan memanjatkan doa untuk dewa-dewa yang telah menyelamatkan mereka saat melarikan diri dari Provinsi Fujian, Tiongkok pada 1883 lalu.

Festival Bakar Tongkang ini telah masuk di kalender nasional sebagai salah satu wisata yang terdapat di Provinsi Riau. Even budaya warisan leluhur masyarakat Tionghoa ini mampu mendatangkan puluhan ribu wisatawan setiap tahunnya ke negeri yang berjuluk Seribu Kubah.

Pesona acara Bakar Tongkang mampu merengkuh hati para pelancong, baik domestik maupun mancanegara. Kehadiran para wisatawan dari belahan dunia telah membawa keberkahan bagi perekonomian lokal, terutama sektor perhotelan yang tak mampu lagi menampung para pengunjung, bahkan ada yang menumpang tidur di rumah sakit.

Ramainya masyarakat yang datang ke Bagansiapiapi bukannya berjumlah 5 ribu orang, tapi bisa mencapai 50 ribu orang.

Tepat pukul 17.00 WIB pantauan riaukarya.com, Bupati Rohil Afrizal didampingi Wakil Bupati Sulaiman, Kadispora Riau, sejumlah anggota DPRD Rohil, Sugianto alias raja Baut, dan pejabat penting lainnya menaiki replika kapal tongkang dengan menyapa puluhan ribu wisatawan yang ada di lokasi pembakaran replika kapal tongkang.

Dalam waktu lebih kurang 30 menit ditulis riaukarya.com, replika tongkang habis terbakar yang ditunggu oleh masyarakat Tionghoa. Kedua tiang tongkang jatuh ke arah laut yang menandakan kalau rezeki tahun 2023 ini lebih banyak di laut (perairan).

Arak-arakan replika kapal tongkang diikuti Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi, anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan, Katim Sumatra Wilayah I Kemenparekraf Joko Suharbowo, Danrem 031/WB Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan SAP, Kapolda Riau diwakili Waka Polda Riau Brigjen Pol Drs Kasihan Rahmadi SH MH, Dansat Brimob Polda Riau Kombes Pol Ronny Lumban Gaol SIK, Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP, dan Wabup H Sulaiman SS MH.

Kemudian Ketua DPRD Rohil Maston, Dandim 0321 Letkol Kav Nugaraha Yudha Perwiranegara SIP, Kajari Yuliarni Appy SH MH, Kapolres AKBP Andrian Pramudianto serta berbagai unsur lainnya.

#Rohil

Index

Berita Lainnya

Index