Ada Peringatan Ngeri dari Presiden Jokowi, RI di Ambang Malapetaka

Ada Peringatan Ngeri dari Presiden Jokowi, RI di Ambang Malapetaka
Presiden Jokowi / foto: net

JAKARTA - Presiden Joko Widodo memberikan peringatan serius bagi semua masyarakat. Menurutnya, perubahan iklim dapat menimbulkan malapetaka yang dampaknya sangat besar bagi warga negara RI.

Perubahan iklim yang dapat membuat suhu bumi makin panas sudah dirasakan oleh banyak negara di dunia, termasuk Indonesia. Hal ini disampaikan Jokowi pada Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, dan Energi Baru Terbarukan (LIKE) di Indonesia Arena Gelora Bung Karno, Jakarta, beberapa waktu lalu.

"Hati-hati hati-hati, ancaman perubahan iklim sudah nyata dan sudah kita rasakan dan dirasakan semua negara di dunia," ungkap Jokowi dikutip Minggu (8/10/2023).

"Suhu bumi semakin panas cuaca juga semakin panas kekeringan ada di mana-mana bukan hanya di Indonesia saja," tegasnya.

Hal ini, kata Jokowi mengakibatkan munculnya berbagai macam krisis, salah satunya pangan. Banyak negara kini kesulitan untuk mendapatkan pangan, baik dari produksi dalam negeri maupun impor. "Akhirnya ada krisis pangan, beberapa negara kekurangan pangan baik itu gandum, beras," ujarnya.

Persoalan ini makin rumit ketika belasan negara memilih untuk menahan ekspor komoditas pangan, khususnya beras.

"Yang biasanya negara-negara itu mengekspor berasnya 19 negara sekarang sudah setop ngerem ekspornya, tidak diekspor lagi sehingga banyak negara yang harga berasnya naik termasuk di Indonesia sedikit naik," terang Jokowi.**

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index