BPJS Ketenagakerjaan Cabang Rengat Sosialisasi ke Desa-desa

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Rengat Sosialisasi ke Desa-desa

INHU - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Rengat melakukan sosialisasi ke desa-desa. “Kali ini menyasar Desa Sungai Sagu (06/09) dan Desa Mekar Sari (15/09) di Kabupaten Indragiri Hulu,” kata Rulli Jaya Santika selaku Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Rengat.

Dia mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan Rengat yang membawahi seluruh wilayah di Kabupaten Indragiri Hulu terus mensosialisasikan pentingnya Jaminan Sosial, khususnya di sektor ketenagakerjaan.

Kegiatan sosialisasi ini diinisiasi BPJS Ketenagakerjaan Rengat merangkul perangkat Desa dan Tokoh masyarakat serta masyarakat desa itu sendiri. Cara ini dinilai tepat, karena ekosistem desa menyimpan potensi jutaan pekerja sektor informal atau bukan penerima upah, yang mayoritas belum memahami pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Kami sangat mengapresiasikan kegiatan yang berlangsung hangat dalam suasana kekeluargaan dan para peserta antusias mengikuti penjelasan seputar perbedaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan,” kata Zulkifli yang merupakan salah satu tokoh masyarakat Desa Mekar Sari.

Rulli juga menambahkan, program BPJS Ketenagakerjaan merupakan jaminan sosial bagi setiap tenaga kerja, baik mereka yang berstatus pekerja formal maupu pekerja mandiri seperti pedagang, petani, nelayan, tukang ojek, dan lainnya.

Program BPJS Ketenagakerjaan, lanjut dia dari Fungsinya tidak hanya sebagai perlindungan, tetapi lebih dari itu sudah menjadi bagian dari program pengentasan kemiskinan, bahkan sebagai bagian dari peningkatan kesejahteraan masyarakat pekerja, khususnya di Desa.

Sebagai contoh apabila terjadi kecelakaan kerja, BPJS Ketenagakerjaan selain menanggung biaya pengobatan dan peawatan sampai sembuh, juga memberi santunan sementara tidak mampu bekerja.

“Dengan kata lain, ada pengganti penghasilan setiap bulan. Artinya, kebutuhan hidup tenaga kerja dan keluarga tidak terganggu dan tetap hidup normal secara ekonomi. Kami berharap semua Desa terjamah dengan informasi ini dan seluruh masyarakat Desa di Indragiri Hulu terdaftar BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

BPJS ketenagakerjaan memberikan beragam pilihan kanal pendaftaran maupun pembayaran iuran yang mudah dijangkau oleh para pekerja di desa. Baik melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO), kantor cabang, agen perisai dan perbankan, kantor pos, pegadaian dan beberapa lainnya.

“Dengan semakin banyak masyarakat desa yang teredukasi, akan semakin banyak pula yang mendaftar menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan. Sehingga, universal coverage jaminan sosial ketenagakerjaan bisa segera terwujud,” kata Rulli.(rilis)

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index