Bupati Inhu Buka Sosialisasi Aplikasi SAKTI

Bupati Inhu Buka Sosialisasi Aplikasi SAKTI

INHU - Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi, SE launching sekaligus membuka Sosialisasi Aplikasi Sistem Pelayanan Kepegawaian Terintegrasi (SAKTI) bertempat di Aula Bappeda Lt. 2, Selasa (12/09/2023).

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Badan (BKP2D) Kab. Inhu H. Subrantas, S.Sos selaku Panitia Penyelenggara dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan aplikasi SAKTI merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, dan diharapkan seluruh peserta kegiatan dapat memahami penggunaan aplikasi Dan memanfaatkan aplikasi tersebut dalam memperoleh layanan kepegawaian.

Selanjutnya Bupati Inhu dalam sambutannya mengucapkan selamat dan menyambut baik hadirnya aksi perubahan inovasi aplikasi pelayanan kepegawaian terintegrasi yang disingkat dengan SAKTI.

Rezita juga mengapresiasi tim aksi perubahan badan kepegawaian, pendidikan dan pelatihan daerah dan dinas komunikasi dan informatika yang telah membuat suatu inovasi dengan menciptakan aplikasi pelayanan kepegawaian terintegrasi yang disingkat dengan sakti.

Hadirnya aplikasi SAKTI ini tentu menjadi perwujudan akan dukungan dalam rangka menuju kinerja pemerintahan di kabupaten indragiri hulu yang semakin berkemajuan.

"Mudah-mudahan, upaya ini akan membawa perubahan signifikan terutama dalam penerapan sistem digitalisasi terkait manajemen kepegawaian di kabupaten indragiri hulu". Sebut Bupati

Layanan kepegawaian yang akan mulai diproses melalui aplikasi sakti adalah layanan kenaikan gaji berkala (KGB) ASN secara otomatis. dimana pada sistem tersebut, ASN akan diberi kemudahan mendapatkan informasi terkait perihal “kapan seseorang akan naik gaji berkala tanpa harus berpikir dan mencari dokumen yang ada”.

Melalui aplikasi SAKTI ini, ASN yang memasuki periode kenaikan gaji berkala akan otomatis diterbitkan KGB nya sehingga tidak memerlukan pemberkasan dan surat pengantar dari kepala opd.

Rezita berharap hadirnya aplikasi SAKTI ini nantinya dapat terus disempurnakan dan tidak hanya terintegrasi pada satu layanan saja.

"Impelementasi pelaksanaannya jangan hanya sampai pada tataran aksi perubahan namun terus termanfaatkan agar tujuan utamanya yakni meminimalkan alur birokrasi yang tidak efisien, mempercepat proses administrasi dan memberikan kenyamanan bagi seluruh aparatur sipil negara, mampu terwujud". Ungkap Bupati

Diluncurkannya aplikasi sakti ini merupakan salah satu contoh kongkrit dalam upaya meningkatkan pelayanan kepegawaian dan manajemen ASN dikabupaten indragiri hulu.

Rezita berharap, kedepannya aplikasi ini terus dapat dikembangkan hingga seluruh ASN memiliki suatu arsip kepegawaian digital, satu data kepegawaian yang terintegrasi dengan BKN dan instansi lainnya serta memberikan kemudahan seluruh layanan kepegawaian dalam satu aplikasi yaitu SAKTI.

Pada kesempatan ini juga hadir 32 pejabat administrator yang saat ini sedang mengikuti diklat kepemimpinan administrator di PPSDM kemendagri regional bukittinggi.

"kepada saudara semua, saya menyampaikan dukungan dan memberikan apresiasi terhadap inovasi-inovasi yang telah dirancang dalam aksi perubahan yang saudara lakukan. harapan saya, dengan semakin banyak aksi perubahan tentu akan memunculkan manfaat yang baik bagi masyarakat dan pemerintah kabupaten indragiri hulu". Ujar bupati

Acara ditutup dengan launching Aplikasi SAKTI secara simbolis oleh Bupati Inhu didampingi oleh Asisten dan Staff Ahli Kabupaten Indragiri Hulu, dan dilanjutkan foto bersama dengan Peserta Diklat PKA angkatan I, II, III, dan IV Kabupaten Indragiri Hulu tahun 2023.(Adv)

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index