Pemerintah Berencana Laksanakan Event Bakar Tongkang Secara Besar-Besaran

Pemerintah Berencana Laksanakan Event Bakar Tongkang Secara Besar-Besaran
Pemerintah berencana melaksanakan event bakar tongkang secara besar-besaran pada 04 Juli 2023 nanti. (Riaukarya.com)

ROHIL - Meskipun event bakar tongkang sudah tiga tahun tidak terlaksana karena pandemi Covid-19, namun tidak membuat pemerintah diam di tempat.

Pasalnya pemerintah berencana melaksanakan event bakar tongkang secara besar-besaran pada 04 Juli 2023 nanti.

"Bakar tongkang ini adalah event nasional dan sudah menjadi pariwisata nasional atau internasional,” jelas Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP kepada wartawan, Jumat (9/6/2023) kemarin.

Bupati menjelaskan, pada pelaksanaan event bakar tongkang nantinya akan banyak orang dari luar berdatangan, salah satunya adalah Taiwan, Tiongkok, Malaysia dan termasuk Jakarta.

Menurut dia, banyaknya orang luar masuk untuk menyaksikan ritual bakar tongkang nanti, tentu hotel-hotel yang ada di Bagansiapiapi akan penuh, bahkan kalau tidak di boking secepatnya bisa-bisa rumah penduduk yang menampung.

"Alhamdulillah banyaknya nanti turis yang masuk kesini termasuk orang-orang Tionghoa, maka ekonomi masyarakat Rokan Hilir khususnya Bagansiapiapi yang berjualan apa saja pasti laku. inilah dampaknya ritual bakar tongkang,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati Rokan Hilir juga mengajak masyarakat untuk mempromosikan daerah kepada negara-negara luar yang hadir di pelaksanaan ritual bakar tongkang nanti, lantaran menjadi sejarah bagi negara-negara luar datang ke Kota Bagansiapiapi.

"Selain promosi tentunya keamanan tamu-tamu dari luar juga disiapkan,” ucapnya.

Bupati juga mengaku dengan adanya pelaksanaan ritual bakar tongkang, maka Kota Bagansiapiapi akan dikenal di mancanegara, baik Malaysia maupun orang-orang Tionghoa yang sukses di Jakarta.

"Alhamdulillah, bakar tongkang ini tidak menggunakan dana APBD sama sekali, bahkan modalnya dari pemodal yang sukses. Cuma kami dari pemerintah menyiapkan musyawarah dengan mengundang seluruh institusi yang ada di Kabupaten Rokan Hilir ini bagaimana persiapan bakar tongkang,” tegasnya.

Bupati berharap seluruh masyarakat untuk menjaga supaya orang-orang datang dari luar ke Bagansiapiapi merasa aman, terlindungi serta nyaman.

"Ini gunanya supaya pariwisata di Rokan Hilir dikenal, baik di Taiwan, Tiongkok dan di mancanegara. mari kita menjaga semua agar mereka merasa aman dan nyaman datang ketempat kita,” pungkasnya.

#Rohil

Index

Berita Lainnya

Index