Luluskan 90 Peserta Didik, PKBM Harapan Jaya Sangat Membantu Masyarakat

Luluskan 90 Peserta Didik, PKBM Harapan Jaya Sangat Membantu Masyarakat
Foto saat bersama didepan kantor PKBM Harapan Jaya

INHU - Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Harapan Jaya, yang terletak di Desa Kulim Jaya (SP5) Kecamatan Lubuk Batu Jaya (LBJ) Kabupaten Indragiri Hulu meluluskan 90 Peserta Didik (PD) di tahun ajaran 2022-2023, angka ini cenderung naik dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan tentunya sangat membantu masyarakat yang membutuhkan.

Hal itu disebabkan karena tuntutan zaman dan tuntutan pekerjaan, seperti yang di sampaikan Kepala PKBM Harapan Jaya, Kusnita, S.Pd., MM kepada wartawan, "Alhamdulillah tahun ini PKBM mengalami peningkatan dalam membantu masyarakat yang putus sekolah yang disebabkan oleh berbagai masalah, mulai dari faktor ekonomi, lingkungan, pergaulan, serta keluarga. Dengan adanya PKBM ini mereka bisa terbantu untuk memiliki ijazah kesetaraan yang dapat digunakan untuk berbagai persyaratan pekerjaan atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," kata Ibu yang terkenal enerjik itu.

"Kebanyakan PD ikut belajar di PKBM ini adalah dikarenakan tuntutan pekerjaan, serta ingin belajar ke jenjang yang lebih tinggi, selagi masyarakat percaya dan niat untuk belajar mengejar Ijazah kesetaraan dengan kita, InsyaAllah mereka lulus dengan kunci belajar sungguh-sungguh. Alhamdulillah, tahun ini ada 90 PD yang lulus dengan rincian, 5 dari Paket A setara SD, 25 dari paket B setara SMP, 60 dari paket C setara SMA," terang Kusnita, Rabu (16/8/2023).

Bagi PD Paket B yang masih usia sekolah juga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang Pendidikan Formal seperti SMA, Aliyah, dan SMK. Begitu pula PD paket C jika ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi negeri juga bisa.

Sementara itu, Selamet Mulyono (33) salah seorang Peserta Didik PKBM Harapan Jaya mengucapkan terimakasih kepala seluruh jajaran Guru dan Staff PKBM. Pasalnya, karena ada PKBM kesetaraan tersebut, dirinya dapat terbantu untuk menyelesaikan ujian kesetaraan dan mendapatkan ijazah, sehingga ia dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya guna mengejar cita-cita yang sempat tertunda.

"Saya merasakan sangat terbantu dengan adanya PKBM ini, disamping saya dapat belajar sambil bekerja, saya juga bisa mendapat ijazah yang dapat saya gunakan untuk belajar ke Perguruan Tinggi, sehingga cita-cita saya yang sempat tertunda dapat saya kejar kembali, tidak ada kata terlambat," kata Selamet Mulyono.

Sebagai informasi, PKBM Harapan Jaya sendiri memiliki Visi dan Misi yang sangat luar biasa yaitu:

Visi : 
Menjadikan Pendidikan Non Formal yang Berprestasi dan Mengembangkan SDM.

Misi : 
- Terwujud tata kelola PKBM yang Mandiri
- Mengembangkan Program Pendidikan Non Formal Berkelanjutan 
- Berorientasi kepada Masyarakat ( Life Skill)
- Membantu Program Pemerintah Menerapkan SDM.

#Pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index