Mahasiswa Kukerta UNRI Membuat Inovasi Baru dari Batang Pohon Pisang

Mahasiswa Kukerta UNRI Membuat Inovasi Baru dari Batang Pohon Pisang

RiauKarya.com - Buah pisang dijadikan keripik itu sudah biasa. Tetapi, apa jadinya jika keripik diolah dari batang pohon pisang?  "Apa bisa di makan ?" kata masyarakat sekitar

Hal inilah yang coba dilakukan oleh kelompok KUKERTA UNRI 2023 saat KKN di Desa Lubuk Siam Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, Pekanbaru.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Riau mengadakan pelatihan untuk kelompok Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di desa Lubuk Siam kecamatan Siak Hulu, Pekanbaru, Selasa (8/8/2023).

Ketua Kelompok Kukerta, Leo Andalas mengatakan, kegiatan pelatihan UMKM ini berguna untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas yang bisa dilakukan oleh para ibu rumah tangga untuk meningkatkan ekonomi keluarga dengan memanfaatkan sumber daya Tempatan.

Kegiatan pelatihan umkm yang dilakukan adalah pembuatan keripik batang pohon pisang yang bahan bakunya banyak terdapat di desa lubuk siam. Umumnya yang dimanfaatkan dari tanaman pisang ini hanya buah dan daunnya saja, "kami harap dengan diadakannya kegiatan ini warga tidak lagi memerlukan modal yang cukup besar dengan memanfaatkan bahan yang tersedia," ujar ketua kelompok Kukerta.

Kegiatan ini juga didampingi ibu Rt, ibu Rw,ibu kepala desa sekaligus ketua PKK serta ibu-ibu desa Lubuk Siam. Anggota KUKERTA UNRI 2023 Desa Lubuk Siam yang membimbing ibu-ibu mulai dari cara pemotongan pohon pisang sampai dengan selesai. Inovasi ini akan menjadi peluang yang besar untuk dibukanya usaha dikarenakan bahan dan proses pembuatannya sangat mudah.

Ketua KUKERTA UNRI Desa Lubuk Siam 2023, Leo Andalas juga menyebutkan, warga yang sangat antusias melakukan praktik kegiatan ini, setelah melakukan kegiatan warga termotivasi untuk menjalankan bisnis UMKM yang telah diajarkan, sekurang kurangnya ibu-ibu sekitar ingin menjadikan keripik batang pohon pisang ini menjadi cemilan lebaran masyarakat sekitar.

"Ini adalah hal baru bagi ibu-ibu di desa ini yaitu membuat keripik dari batang pohon pisang, dengan bahan yang mudah didapat pastinya banyak yang tertarik untuk mencoba. Selain itu dengan rasa yang enak dan tampilan yang menarik keripik ini pasti akan laku jika di jual"

Dengan adanya KUKERTA UNRI Desa Lubuk Siam 2023, batang pisang yang awalnya tidak digunakan/limbah bisa berubah menjadi suatu camilan dan ide usaha bagi warga.

Sementara anggota kelompok KUKERTA UNRI Hanny Eka Putri mengatakan, batang pisang punya beberapa manfaat, yakni:

• sebagai detoksifikasi sistem pencernaan
• menurunkan berat badan
• mengontrol kolesterol dan tekanan darah
• menyembuhkan asam lambung
• menstabilkan gula darah

Sedangkan kandungan nutrisi dari batang pohon pisang adalah Tannin, Saponin, Flavonoid, dan kaya akan serat.

#Lifestyle

Index

Berita Lainnya

Index