Bupati Resmikan Jembatan Penyeberangan ke Air Hitam, Masyarakat Bisa Hemat Waktu dan Biaya

Bupati Resmikan Jembatan Penyeberangan ke Air Hitam, Masyarakat Bisa Hemat Waktu dan Biaya
Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP meresmikan jembatan penyeberangan ke Kepenghuluan Air Hitam, Kecamatan Pujud, Selasa (18/7/2023) sore.

ROHIL -- Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP meresmikan jembatan penyeberangan ke Kepenghuluan Air Hitam, Kecamatan Pujud, Selasa (18/7/2023) sore.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Rohil, dan pelepasan balon ke udara serta pemotongan pita oleh Ketua PKK Kabupaten Rohil. Selain itu, Bupati Rohil juga menyerahkan piagam penghargaan kepada kontraktor pelaksana yaitu H Jumawan SH MH.

Tampak hadir pada peresmian itu, Kadis PUPR Rohil Asnar MSi, Camat Pujud Drs H M Yusuf MSi, Ketua GMRB Rohil Nalladya Ayu Rokan, anggota DPRD Rohil Ilhammi, Hendriza dan Zulkifli, Ketua MKA LAM Rohil Nasruddin Hasan beserta pengurus lainnya, TNI, Polri, tokoh agama, tokoh adat, para datuk penghulu se-Kecamatan Pujud dan Forkopimcam, PNS serta lapisan masyarakat.

Kadis PUPR Rohil Asnar MSi mengatakan, bahwa pekerjaan jembatan ini dilakukan atas permintaan masyarakat ke Dinas PUTR melalui pihak terkait, dan sesuai dengan visi dan misi Bupati Rohil yang ingin membangkitkan daerah terisolir.

"Sehingga dengan itu, maka dilakukan pekerjaan jembatan ini, dan alhamdulillah telah selesai dan siap untuk diresmikan. Tentunya harapan kita bisa meningkat pendapatan ekonomi masyarakat," kata Asnar.

Sementara tokoh masyarakat Air Hitam, Damka mengatakan, bahwa sudah sangat lama sekali masyarakat Air Hitam mendambakan pembangunan jembatan itu.

"Alhamdulillah, pada kepemimpinan Bapak Bupati Rohil Afrizal Sintong dan bertepatan pula dipimpin oleh Datuk Penghulu Dedi Dahmudi, barulah harapan ini terlaksana. Alhamdulillah sudah bisa masuk mobil di daerah kami ini, yang artinya kami tidak terisolir lagi," ungkapnya.

Bupati Resmikan Jembatan Penyeberangan ke Air Hitam, Masyarakat Bisa Hemat Waktu dan Biaya

Ditambahkannya, bahwa dengan telah dibangunnya jembatan penyeberangan itu, maka mereka bisa hemat waktu dua  jam, bahkan mereka tidak harus membayar penyeberangan pompong yang mencapai Rp 20 ribu.

Anak-anak mereka bisa pulang pergi sekolah tanpa perlu lagi kos diluar dari kampung mereka. Tidak hanya itu, mereka yang bertani dan nelayan sudah mudah menjual hasil mereka keluar dari daerah mereka.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemda Rohil dan DPRD Rohil, khususnya kepada Bapak Bupati Rohil Afrizal Sintong. Semoga saja membawa berkah untuk kita semua, dan kami doakan pada 2024 nanti bapak bupati bisa terpilih lagi," katanya.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan, bahwa jembatan ini dibangun dengan dana APBD Rp 33 Miliar.

"Alhamdulillah dengan dana itu, jembatan dengan panjang 140 meter dan lebar sekitar 7 meter ini telah selesai, dan ke depan bisa dilalui," ujar Bupati.

Menurut Bupati, masih dibutuhkan anggaran sekitar Rp100 Miliar untuk membangun turap di bodi jalan agar tidak terkena abrasi.

"Selain itu, jalan ini bisa kita tinggikan lagi, dan bahkan kita aspal atau semenisasi nantinya," ujarnya.

Atas telah diresmikan jembatan itu, Bupati berharap kepada lapisan masyarakat terkhusus masyarakat setempat untuk ikut menjaga kondisi jembatan.

"Selain itu kami harap masyarakat bisa terus mendukung program pemerintah Kabupaten Rohil," ungkapnya.

Bupati menegaskan, bahwa Pemda Rohil dibawah kepemimpinannya akan terus mengembangkan daerah terisolir.

"Alhamdulillah, kami yakin dan percaya daerah Air Hitam ini tidak terisolir lagi, dan kami yakin dengan adanya pembangunan jembatan ini, penghasilan ekonomi masyarakat akan jauh lebih baik dari sebelumnya," tuturnya.

Usai peresmian jembatan, bupati bersama Baznas Rohil dan GMRB menyalurkan bantuan 400 paket sembako, santunan anak yatim dan bantuan untuk tim rebana yang ada di Kecamatan Pujud.

#Rohil

Index

Berita Lainnya

Index