Cegah Terjadi Stunting, PKK Kecamatan se-Rohil Ikuti Lomba Cipta Menu di Festival Pangan Lokal

Cegah Terjadi Stunting, PKK Kecamatan se-Rohil Ikuti Lomba Cipta Menu di Festival Pangan Lokal
Pemkab Rohil melalui DKPP menggelar festival Pangan Lokal Lomba Cipta Menu, Selasa (25/7/2023) di Taman Edukasi Pertanian, Bagansiapiapi. (Abdul Arif Rusni, RiauKarya.com)

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) menggelar festival Pangan Lokal Lomba Cipta Menu, Selasa (25/7/2023) di Taman Edukasi Pertanian, Bagansiapiapi.

Lomba yang dibuka secara resmi oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong ini bertujuan mencegah terjadinya stunting. Dalam acara itu turut mengundang siswa/siswi perwakilan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kecamatan Bangko agar mengetahui pencegahan terjadinya stunting dengan mengenali Beragam Bergizi Seimbang dan aman (B2SA).

Hadir saat itu, Ketua PKK Kabupaten Rohil Sanimar Afrizal, Sekda Rohil Fauzi Erizal, Kajari Rohil Yuliarni Appy, Ketua Persit KCK Cab LXXVl Kodim 0321/Rohil Ny dr Mery Nugraha Yudha, Kepala DKPP, Asisten Pemkab Rohil serta beberapa Kepala OPD.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh DKPP Rohil tersebut disambut baik oleh Bupati. Festival pangan lokal B2SA mampu membantu upaya bersama seluruh stakeholder guna mencapai target penurunan kasus stunting di Indonesia.

"Alhamdulillah angka stunting di Rohil menurun dari 29 persen sekarang menjadi 14 persen. Ini tentunya tak terlepas dari peran semua pihak," kata Bupati.

Bupati mengucapkan terimakasih kepada seluruh PKK kecamatan yang telah berpartisipasi mengikuti festival pangan lokal.

"Salah satu mencegah stunting adalah dengan menjaga pola makan yang sehat, oleh sebab itu saya menghimbau kepada seluruh PKK kecamatan untuk menguatkan hal ini melalui penyuluhan dan kegiatan lainnya," tuturnya.

Diakhir acara diumumkan pemenang lomba cipta menu yang diikuti seluruh PKK kecamatan, mulai dari Juara 1 sampai Harapan III.

Lomba cipta menu ini menyanyikan makanan yang sehat, bergizi, bercitarasa sedap tanpa menggunakan penyedap buatan serta dikemas dengan tampilan menarik. Makanan ini kemudian dinilai oleh tiga juri yaitu ada chef yang menilai citarasa, kemudian penilaian gizi oleh dokter dan menilai penampilan adalah Ketua UIN Rohil.

Masing-masing pemenang pada lomba itu menerima hadiah uang tunai, piagam dan piala yang diserahkan Bupati Rohil dan jajaran. (rif)

#Rohil

Index

Berita Lainnya

Index