Lions Club dan PPMLI Lakukan Operasi Mata Katarak Gratis di Bagansiapiapi

Lions Club dan PPMLI Lakukan Operasi Mata Katarak Gratis di Bagansiapiapi
Operasi katarak gratis yang dilakukan oleh PPMLI Medan bekerjasama dengan Lions Club Bagan Batu Bintang Mulia dan Lions Club Medan Fortune Dudo, dibuka secara resmi oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong, Jumat (21/7/2023) di RSUD Dr Pratomo Bagansiapiapi. (Ab

BAGANSIAPIAPI - Sekitar 200 warga Rokan Hilir (Rohil) dari berbagai kecamatan mengikuti kegiatan operasi mata katarak gratis. Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong, Jumat (21/7/2023).

"Bakti sosial ini sangat luar biasa, kami apresiasi sekali atas nama pemerintah daerah tentu akan memfasilitasi, membantu apa-apa saja akan dibutuhkan oleh yayasan lions club ini," kata bupati.

"Ada warga asli dari Bagansiapiapi tapi sekarang tinggal di Medan termasuk juga Pak Aseng atau Ir Siswaja juga orang Rohil tapi mempunyai yayasan untuk membantu masyarakat dari rabun katarak," sebutnya.

"Untuk itu, kami juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada yayasan lions club yang didalamnya ada pak Edi dan Pak Aseng. Semoga yang kita laksanakan ini mendapat ridho dari Allah SWT, dan juga orang-orang ini diberikan rezeki yang berlimpah, kesehatannya dan makin sukses kedepannya," ucap Bupati Rohil.

Ir Siswaja Mulyadi mengatakan, operasi katarak gratis ini pertama dilakukan oleh Pusat Pelayanan Masyarakat Lions Indonesia (PPMLI) Medan bekerjasama dengan Lions Club Bagan Batu Bintang Mulia dan Lions Club Medan Fortune Dudo.

Jadi tiga organisasi ini atau tiga bagian ini yang bekerjasama sehingga acara ini bisa dilakukan. Terus pelaksanaannya di RSUD Pratomo Bagansiapiapi.

"Sebelum kami melakukan atau menjadwalkan operasi pada hari ini, kami sudah melakukan pemeriksaan awal atau yang namanya skrining," sebut Aseng sapaannya selaku koordinator operasi katarak.

Skrining ini dilakukan selama delapan hari hampir di seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Rokan Hilir. "Jadi kami memeriksa pasien itu tidak memanggil datang kumpul ke sini, tapi tim kami yang datang ke daerah mendekatkan diri memeriksa masyarakat di daerah masing-masing," kata Presiden Lions Club Bintang Mulia Bagan Batu itu.

Gunanya adalah supaya masyarakat itu jangan terlalu terbebani biaya. Pastikan mereka sudah terkena katarak, kondisinya memang memungkinkan operasi, baru suruh datang ke sini.

"Sehingga dari delapan hari kami melakukan skrining itu, kami mendapatkan kurang lebih ada 200 pasien yang sudah kami kasi kartu nomor. Jadi 200 orang inilah yang kita pastikan akan dioperasi, semalam sudah 53 orang yang dioperasi, sisanya hari ini kita operasi," tegasnya.

Ia sangat berterimakasih kepada Pemkab Rohil yaitu Bupati melalui Dinas Kesehatan, Kapolres melalui Bhabinkamtibmas, Dandim melalui Babinsa yang telah mensosialisasikan acara ini. Terakhir terimakasih kepada Direktur RSUD, karena tanpa beliau kegiatan ini tidak bisa dilakukan sebaik ini.

"Dengan fasilitas yang didukung oleh Direktur RSUD, kita bisa melakukan operasi ini dengan baik. Jadi kegiatan ini tidak serta merta hanya keberhasilan dari tim medisnya, tapi adalah keberhasilan dari semua pihak yang terlibat ada Puskesmas, RSUD, Bupati, Kapolres, Dandim, Babinsa ada Bhabinkamtibmas," tuturnya.

Masyarakat Rohil, sebut Aseng, patut bersyukur karena teman-teman dari Lions Club dan PPMLI selalu datang untuk membantu warga yang terkena buta katarak.

"Kami berharap ke depan kami bisa balik lagi dari tim PPMLI, tim dokter maupun Lions Club bisa kembali lagi untuk membantu masyarakat. Kami datang hampir setiap tahun ke sini, sempat terhenti dua tahun karena Covid kami tidak datang," bebernya. (rif)

#Rohil

Index

Berita Lainnya

Index