Dinas PKH Riau Akan Turunkan Tim ke Inhil Laksanakan Vaksinasi Massal Rabies

Dinas PKH Riau Akan Turunkan Tim ke Inhil Laksanakan Vaksinasi Massal Rabies
Ilustrasi anjing rabies [shutterstock]

PEKANBARU - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Riau akan menurunkan tim ke Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir untuk melakukan sosialisasi kepada warga, khususnya yang memiliki hewan peliharaan agar waspada terhadap penyakit rabies.

Selain itu pihaknya juga akan melakukan vaksin massal di wilayah tersebut. Sebab di wilayah itu sudah ditemukan satu kasus warga meninggal dunia akibat digigit anjing rabies. Tepatnya di Kelurahan Harapan Tani.

"Besok tim kita akan turun ke Inhil melakukan sosialisasi dan vaksinasi massal hewan peliharaan warga di Kecamatan Kempas," kata Kepala Dinas PKH Riau, Herman melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan, drh Faralinda Sari, Minggu (23/7/2023).

Fara mengungkapkan, kasus warga yang meninggal dunia setelah digigit hewan penular rabies sebenarnya bisa dicegah jika masyarakat langsung melaporkan dan memeriksakan dirinya ke tempat pelayanan kesehatan.

Fara mengatakan, nyawa warga tersebut tidak terselamatkan meski sudah dibawa ke Puskesmas Kempas. Hal ini karena korban awalnya menganggap hanya digigit anjing biasa sehingga tidak melapor ke petugas kesehatan terdekat untuk mendapatkan vaksin.

"Sebetulnya kasus warga digigit anjing di Riau ada 5 orang, namun 4 orang cepat dilakukan vaksinasi. Sedangkan 1 korban warga Inhil tidak divaksin," katanya.

Fara mengungkapkan, korban sempat dibawa ke Puskesmas, kemudian dirujuk ke RSUD Puri Husada Tembilahan namun nyawa korban tidak terselamatkan karena kondisinya semakin parah.
 

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index