Pansus dan Fraksi DPRD Rohil Rapat Bersama Terkait Finalisasi Ranperda

Pansus dan Fraksi DPRD Rohil Rapat Bersama Terkait Finalisasi Ranperda
Empat Ketua Pansus dan Ketua Fraksi DPRD Rohil menggelar rapat bersama, Senin (22/5/2023) di Kantor DPRD Rohil, Bagansiapiapi. (Abdul Arif Rusni, RiauKarya.com)

BAGANSIAPIAPI - Empat Ketua Panitia Khusus (Pansus) dan Ketua Fraksi DPRD Rokan Hilir (Rohil) menggelar rapat bersama, Senin (22/5/2023) di Kantor DPRD Rohil, Bagansiapiapi.

Terkait rapat bersama tersebut tulis riaukarya.com, Ketua DPRD Rohil Maston menyampaikan, bahwa pembahasan yang dilakukan menyangkut penyelesaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda). Kiranya sebut Maston, Ranperda itu diselesaikan sehingga menimbulkan produk di masa sidang ini.

"Ranperda tinggal finalisasi antara OPD-nya saja. Ada beberapa OPD yang belum menyangkut register sehingga belum ketemu seperti Ranperda kepenghuluan, ada empat desa yang Pansus ini menunggu register dari Kemendagri," ungkapnya untuk riaukarya.com.

Empat Desa itu diantaranya Bagan Batu Barat, Murni Makmur Kecamatan Bagan Sinembah, Manggala Teladan Kecamatan Tanah Putih dan Bagan Nenas Kecamatan Pujud.

Harapannya, kata Maston kepada riaukarya.com, pemerintah daerah segera menindaklanjuti ini karena menjadi bagian yang diperlukan, sehingga Ranperda itu menjadi Perda. Ini terkait empat register yang belum diberikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kepada Pansus.

"Empat Pansus masing-masing sudah 90 persen finalisasi. Terkait yang belum finalisasi yaitu register empat desa yang harus dicantumkan dalam Ranperda Pansus C yang diketuai Perwedissuito," jelasnya.

Maston berharap agar ini cepat selesai karena desa ini menunggu dana desanya, menunggu pembangunan dari desanya yang menjadi mimpi dari masyarakatnya. Kalau register-nya tidak ada sampai hari ini, tambah Maston tulis riaukarya.com, nanti belum tentu tahun anggaran ke depan akan tersedia untuk dana desanya.

"Jadi pemerintah daerah harus segera memberikan register itu kepada DPRD sehingga ini bisa menjadi Perda, sehingga dana desanya bisa berjalan," ucap Ketua DPRD Rohil untuk riaukarya.com. (rif)

#Rohil

Index

Berita Lainnya

Index