Hari ini, Jemaah Naqsabandiyah di Padang Laksanakan Salat Idul Fitri

Foto: internet
RiauKarya.com - Ratusan anggota Jemaah Naqsabandiyah memenuhi Musala Baitul Makmur di Pauh, Padang, Sumatera Barat, untuk melaksanakan shalat Idul Fitri 1438 Hijriah. Dilansir dari Antara, Sabtu (24/6), jemaah berdatangan sejak pukul 06.30 WIB dan mulai melaksanakan salat tepat pukul 08.00 WIB dengan dipimpin imam besar mereka, Syafri Malin Mudo.
 
Dalam tausiahnya yang menggunakan bahasa Arab, Syafri memaparkan pentingnya Idul Fitri untuk kesatuan orang Islam. Setelah itu, Syafri yang juga pimpinan Naqsabandiyah Sumbar juga mengapresiasi kedatangan jemaah dari luar Padang ke Baitul Makmur.
 
Sebab, katanya, kedatangan mereka akan semakin memperkuat persatuan dan silaturahmi antarumat. Dia juga menyebutkan selain di Mushalla Baitul Makmur Pauh, pelaksanaan shalat juga serentak dilaksanakan di masjid dan mushalla Baitul Makmur lainnya di Kuranji, Pauh, Koto Tangah, Solok.
 
Salah satu anggota jemaah, Novia, mengatakan tidak banyak yang berubah dari pelaksanaan salat kali ini, yakni masih didominasi jemaah yang berdomisili di Padang.
 
"Tidak ada yang berbeda rata-rata jamaah masih kaum dewasa dan tua saja," katanya.
 
Selain itu, kata dia, sebagian besar jemaah berasal dari Kuranji dan Pauh.
 
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Japeri Jarap meminta kepada masyarakat untuk menghormati perbedaan jatuhnya 1 Syawal sebagai penanda Idul Fitri di Padang.
 
"Tentunya ada yang berlebaran Sabtu, dan Minggu semuanya umat muslim kita perlu menghormatinya," ujarnya.
 
Ia mengatakan semua umat harus menjaga keamanan dan suasana kondusif di masing-masing wilayahnya.
 
 
Sumber : merdeka.com






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar