Kabid Pemdes Sugianto: Pilpeng Serentak Masuki Tahapan Verifikasi Penelitian Berkas

Kabid Pemdes Sugianto: Pilpeng Serentak Masuki Tahapan Verifikasi Penelitian Berkas
Kabid Pemdes Dinas PMD Rohil, Sugianto SIP saat menjelaskan tahapan pelaksanaan Pilpeng serentak tahun ini, Senin (10/7/2023) di Bagansiapiapi. (Abdul Arif Rusni, RiauKarya.com)

BAGANSIAPIAPI - Sekitar 23 kepenghuluan akan melaksanakan Pemilihan Penghulu (Pilpeng) serentak tahap pertama tahun 2023 ini. Kini mulai memasuki tahap pencalonan, mulai 2 Juni - 6 Juli 2023. Setelah itu ada dua tahapan yakni penjaringan dan penyaringan.

Sebelumnya lanjut Kabid Pemdes Sugianto, ada tahapan pengumuman pendaftaran, pembukaan pendaftaran, perpanjangan waktu jika kurang dari dua bakal calon, penelitian persyaratan kelengkapan administrasi, klarifikasi dan pengumuman nama calon.

Dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Pemdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rohil, bahwa verifikasi penelitian berkas sedang berlangsung dari 8 Juli - 15 Juli 2023 nanti.

"Kemudian sampailah pada 16 Juli 2023 pengumuman penetapan bakal calon datuk penghulu yang memenuhi persyaratan administrasi yang dituangkan ke dalam berita acara penjaringan," ujar Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes), Senin (10/7/2023) di Bagansiapiapi.

Selanjutnya tahapan kedua yaitu penyaringan dari 17 Juli - 2 Agustus 2023. Pada tahapan ini ada tes baca Al-Qur'an bagi yang beragama Islam dan tes memahami agamanya bagi non muslim. Kemudian tes tertulis dan wawancara.

"Setelah itu baru diumumkan penetapan bakal calon datuk penghulu 2023 bagi yang memenuhi persyaratan administrasi," ungkap Sugianto SIP. (rif)

#Rohil

Index

Berita Lainnya

Index