Bupati Gagas Zero Point Smartcity Bagansiapiapi

Bupati Gagas Zero Point Smartcity Bagansiapiapi
Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP bersama Wabup dan didampingi Kadiskominfotiks Indra Gunawan, SE meninjau lokasi persiapan peresmian zero point smartcity Bagansiapiapi bertempat di depan Gedung Dekranasda, Selasa (2/5/2023). (Abdul Arif Rusni, Riaukarya)

BAGANSIAPIAPI - Zero point smartcity adalah gagasan Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP yang bertujuan menjadikan Bagansiapiapi bagian dari salah satu kota cerdas di Indonesia.

Zero point smartcity ini merupakan program Bupati agar kota Bagansiapiapi dapat meningkatkan pelayanan publik di bidang digitalisasi terutama pengawasan kenyamanan masyarakat dan menjadi bagian dari salah satu kota cerdas di Indonesia.

Hal ini dijelaskan Kadiskominfotiks Rohil, Indra Gunawan SE saat mendampingi Bupati dan Wabup meninjau lokasi persiapan peresmian zero point smartcity Bagansiapiapi bertempat di depan Gedung Dekranasda, Selasa (2/5/2023).

"Peresmian zero point smartcity merupakan kerjasama Pemkab Rohil bersama PLN Icon Plus Indonesia, dimana pihak Icon Plus mendukung secara penuh dengan melakukan penanaman tiang lengkap dengan tiga unit CCTV beresolusi tinggi,” ungkap Indra.

Kadiskominfotiks menyebutkan, dalam membangun zero point smartcity Bagansiapiapi, Bupati sama sekali tidak membebankan pembiayaan kepada APBD. Perangkat tiang, tiga unit CCTV dan bandwith internet murni dari pihak Icon tanpa menggunakan belanja APBD.

"Dengan adanya upaya untuk mewujudkan Kota Bagansiapiapi menjadi bagian dari salah satu kota cerdas di Indonesia, ini adalah upaya guna mencapai harapan untuk mengembalikan kejayaan Bagansiapiapi," ujarnya.

Indra berharap, kejayaan Bagansiapiapi tempo dulu dapat terulang kembali di jaman digitalisasi ini, tentunya dengan pola digital dan kota cerdas.

"Kita sangat beruntung karena pihak PLN Icon Plus Indonesia bersedia menjadikan Kota Bagansiapiapi sebagai salah satu pilot project smartcity di Indonesia. Semoga ke depan pelayanan publik serta kenyamanan masyarakat di Rohil khususnya Kota Bagansiapiapi dapat lebih ditingkatkan dengan penambahan titik baru CCTV ini,” tuturnya. (rif)

#Rohil

Index

Berita Lainnya

Index