Alhamdulillah, Dana BOS di Inhu Sudah 'Cair'

Alhamdulillah, Dana BOS di Inhu Sudah 'Cair'
Foto pertemuan mencari solusi agar dana BOS cair

INHU – Kabar gembira, setelah sekian lama dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tingkat SD dan SMP sederajat molor dalam pencairan, akhirnya mulai Senin (17/4/2023) kemaren dana BOS mulai masuk ke rekening masing-masing sekolah.

Terkait tersendatnya dana BOS itu sebelumnya dikeluhkan oleh para guru maupun kepala sekolah (Kasek). Pasalnya, mengingat beberapa hari kedepan mulai masuk hari raya Idul Fitri 1444 H / 2023 Masehi namun tanda-tanda BOS belum nampak hilalnya.

Menanggapi molornya dana BOS tersebut, Dewan Pendidikan Kabupaten Inhu bersama Inspektorat Inhu menginisiasi pertemuan dengan Kepala Disdikbud Inhu beserta jajaran, seluruh Korwil, perwakilan K3S dan perwakilan MKKS SMP. Tujuan pertemuan tersebut untuk mencari solusi terkait situasi dan kondisi yang ada.

Pada pertemuan tersebut, dilakukan kordinasi secara langsung dengan menghubungi via seluler pihak pusat terkait problem yang ada.

“Setelah menerima penjelasan dari masing masing pihak, akhirnya diketahui bahwa semua persyaratan pencairan dana BOS di Inhu sudah lengkap dan hanya menunggu penyaluran saja dari pusat. Lalu coba kita kordinasikan ke pusat, Alhamdulillah responnya positif,” ungkap Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Inhu, Moh. Rouf Azizi, S.Pd.I., CPHR., CH., CHt., MHt kepada media ini, Senin (17/4/2023) malam melalui sambungan selulernya.

Pria yang akrab disapa Aziz ini mengungkapkan, usai pertemuan, beberapa sekolah lantas menyampaikan bahwa, dana BOS yang selama ini dinantikan sudah mulai masuk ke rekening sekolah masing masing.

”Alhamdulillah, usai pertemuan, beberapa sekolah menginformasikan bahwa dana BOS sudah mulai masuk ke rekening sekolah. Oleh karenya, kami ucapkan terimakasih kepada Pak Kadisdikbud dan jajaran, dan Pak Inspektur Boyke D.E Sitinjak, SE.M.Si, Ak, CA, CFrA, CGCAE atas gerak cepat dalam menanggapi keluhan ataupun laporan dari para guru dan kepala sekolah,” ujar Aziz.

Dijelaskan lagi oleh Aziz, bagi dana BOS yang sudah masuk ke rekening sekolah, pihak sekolah tidak perlu lagi meminta rekom pencairan ke Disdikbud, namun langsung bisa dicairkan ke bank.

”Dalam pencarian dana BOS kali ini, berbeda dengan pencairan sebelumnya. Alhamdulillah, tanpa rekom dari Disdikbud, dana BOS itu bisa langsung dicairkan oleh pihak sekolah. Dan menurut informasi sudah banyak sekolah di Inhu yang melakukan pencairan ke Bank,” ungkapnya.

Sementara itu, Selamet Mustafir salah seorang Guru di Inhu mengucapkan terimakasih, karena berkat kepedulian dan kerja keras Dewan Pendidikan, Inspektorat, dan Disdikbud Inhu sehingga dana BOS yang diprediksi tidak salur sebelum hari raya Idul Fitri, akhirnya salur juga.

"Kami guru-guru sangat bahagia dan bisa tersenyum pak, karena di dana BOS tersebut ada alokasi gaji untuk guru honor. Artinya ketika dana BOS cair, maka otomatis kami bisa gajian, dan ini sangat bermanfaat untuk menambah biaya di moment lebaran," ungkap Selamet seraya berharap semoga bapak ibu yang berkecimpung dalam pencairan dana BOS diberi kesehatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat.(bib)

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index