Saat Buka Bersama Wartawan, Kapolres Inhu Sepakat Akan Tingkatkan Sinergitas

Saat Buka Bersama Wartawan, Kapolres Inhu Sepakat Akan Tingkatkan Sinergitas
INHU - Para wartawan dan pihak Kepolisian di Kabupaten Indragiri Hulu, sepakat untuk lebih meningkatkan sinergisitas diantara dua profesi. 
 
Pernyataan ini terungkap dari masing-masing pihak saat pelaksanaan buka bersama antara wartawan dibawah Organisasi PWI Indragiri Hulu, anggota AJI dengan Polres Inhu dipimpin Kapolres.
 
Kegiatan buka Puasa ini dilaksanakan di salah satu rumah makan wilayah Pematangreba kecamatan Rengat Barat. 
 
Hadir dalam pertemuan dari pihak Polres, Kapolres Inhu AKBP Arif Bastari SIK MH, Waka Polres Kompol Roni Syahendra, Kabag Ops Kompol Franky Tambunan, kasat Lantas AKP Ricky Michel Mandey, Kasat Narkoba AKP Harut Kemri dan jajaran Polres Inhu lainnya.
 
Sementara dari wartawan, hadir ketua PWI Inhu Kasmedi, Sekretaris PWI Inhu Eka Buana Putra, pihak dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) beserta wartawan dibawah naungan PWI dan AJI.
 
Kasmedi mengungkapkan banyak hal saat ini yang perlu di sinergikan terkait pada tugas dan tanggungjawab dari masing-masing profesi, sehingga antara Polisi khusunya Polres Inhu dan wartawan dapat terus menjadi mitra dalam masing-masing berperan untuk menjaga Kamtibmas di Inhu.
 
Menurut Kasmedi, informasi didapat dari Polres Inhu baik langsung melalui Kapolres dan para Kasat maupun memalui Humas Polres masih monoton, sehingga wartawan dalam membuat pemberitaan kaku dengan irama semi militer.
 
"Padahal banyak sisi menarik dari bagaimana Polisi menjalankan tugas mereka. Bagaimana Polisi menjalankan tugasnya dan apa saja dialami dan pelaksanaan tugas, ini tentunya perlu diketahui sehingga khalayak bisa lebih menilai, dibandingkan hanya sebuah keberhasilan mengungkap kasus yang memang sudah menjadi kewajiban, jelas Kasmedi.
 
Untuk itu dikatakan Kasmedi, perlu adanya informasi lebih dari pihak kepolisian, jangan hanya sekedar laporan penyelidikan saja. Bahkan beberapa kegiatan tidak jarang terlewatkan oleh wartawan untuk mengetahuinya, padahal bukanlah kegiatan rahasia.
 
Sementara itu Kapolres Inhu mengakui masih banyak kelemahan dari pihaknya dalam menjalankan kemitraan dengan para Kuli Tinta."Saya cukup apresiasi peranan dan kerjasama yang terjalin selama ini rekan-rekan media, ungkapnya.
 
Kapolres mengakui, para Jurnalis di Inhu sangat memahami pola kemitraan. Kapan berita sudah bisa dimuat dan kapan pihak Kepolisian butuh penangguhan karena tidak bisa terlebih dahulu terekspos mengingat masih dilakukannya pengembangan atau tersangka lainnya, sehingga Polisi dapat leluasa menjalankan tugas dalam mengungkap sebuah kasus.
 
"Saya berjanji akan menginstruksikan kepada seluruh jajaran Polres Inhu termasuk para Kapolsek untuk dapat memberikan informasi jika itu dibutuhkan oleh rekan-rekan wartawan dalam menjalan tugas. Jika ada masalah, silahkan langsung beri tahukan, tegas Kapolres.
 
Terakhir kedua pihak sepakat untuk lebih meningkatkan sinergisitas dalam sama-sama mendukung kinerja masing-masing profesi, sehingga tujuan baik bersama akan dapat terwujud secara maksimal.
 
 
Sumber: MC Riau
Editor: Redaksi

Berita Lainnya

Index