Implementasi Katalog Lokal, UKPBJ Rohil Kunker ke Setdako Pekanbaru

Implementasi Katalog Lokal, UKPBJ Rohil Kunker ke Setdako Pekanbaru
UKPBJ Rohil yang dipimpin Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Andri S.Sos melakukan Kunker ke Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdako Pekanbaru, Rabu (1/3/2023). (Kominfo Pekanbaru)

PEKANBARU - Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru. 

Rombongan UKPBJ Rohil dipimpin Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Andri S.Sos, didampingi Staf Efriyanto SAP dan Pejabat Pengadaan Aliyas Mandiri ST.

UKPBJ Rohil diterima oleh Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdako Pekanbaru Hadi Firmansyah SAg MSi didampingi Fungsional Pranata Komputer Purwito S.Sos MSi, Fungsional Pengelola Barang dan Jasa Ahli Muda Zulfaini ST, Fungsional Pengelola Barang dan Jasa Ahli Pertama Asril SKom, Fungsional Pengelola Barang dan Jasa Pelaksana Ahmadsyah ST, Fakhri Amran SE dan Nurdin.

Kunker ini dalam rangka koordinasi serta konsultasi katalog elektronik lokal yang akan diimplementasikan UKPBJ Rohil, menyusul katalog lokal yang telah diimplementasikan oleh Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Pekanbaru, Rabu (1/3/2023).

Dalam sambutannya, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Pekanbaru menyampaikan, bahwa kebijakan makro pemerintah pusat yang dituangkan melalui keluarnya Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 yang telah mengatur masalah percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

"Ini merupakan salah satu upaya pemerintah pusat yang akan diimplementasikan oleh seluruh pemerintah daerah di Indonesia untuk mendorong UMKM daerah dalam rangka pengadaan barang dan jasa di seluruh tingkatan di daerah,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan ini, penting adanya pemahaman mengenai unsur kriteria dan persyaratan agar mendapatkan gambaran yang sama dan juga dalam upaya meminimalisir kendala yang menyebabkan tidak bisa ikut dalam pengadaan.

Dilaksanakannya acara ini merupakan bagian dalam rangka pelaksanaan barang dan jasa di Pekanbaru yang sesuai On The Track dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku khususnya yang terkait kebijakan pemerintah, bahwa bagaimana penggunaan produk dalam negeri perlu didorong.

Artinya, pemerintah pusat sudah melihat bahwa dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi, mau tidak mau peran UMKM harus dilibatkan karena akan memberikan kontribusi yang cukup besar untuk pertumbuhan ekonomi.

Hadi Firmansyah SAg, MSi menyambut baik kunjungan kerja yang dilakukan ini dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Bersama Menteri Dalam Negeri dan Kepala LKPP RI Nomor 1 Tahun 2022 tentang Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Dalam kunjungan ini dibahas implementasi Keputusan Deputi II LKPP No 61 Tahun 2022 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Katalog Elektronik, diceritakan pula bagaimana implementasi katalog lokal pada Pemerintah Kota Pekanbaru, direncanakan 33 etalase katalog lokal, 28 etalase telah proses tayang dan sudah terdapat transaksi, sisanya lima etalase sedang tahap perencanaan dan proses pemilihan penyedia.

"Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setda Kota Pekanbaru berharap UKPBJ Rohil dapat segera melaksanakan implementasi katalog local di Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, sehingga tercapai apa yang menjadi sasaran gerakan nasional bangga buatan Indonesia,” tuturnya.

Berita Lainnya

Index