PAW Anggota DPRD Rohil, Kurniawan Syahputra Gantikan Rusmanita

PAW Anggota DPRD Rohil, Kurniawan Syahputra Gantikan Rusmanita
Wakil Ketua DPRD Rohil, Basiran Nur Efendi SE M.IP memimpin pengucapan sumpah PAW, Kurniawan Syahputra sebagai anggota legislatif, Kamis (5/1/2023) malam, di ruang sidang paripurna. (DPRD Rohil)

BAGANSIAPIAPI - DPRD Rokan Hilir (Rohil) menggelar paripurna pengucapan sumpah janji pergantian antar waktu (PAW), Kurniawan Syahputra menggantikan posisi anggota DPRD Rohil, Hj Rusmanita dengan sisa masa jabatan 2019-2024. Prosesi pengambilan sumpah dibimbing tokoh agama dari Kemenag Rohil.

Pelaksanaan PAW dipimpin Wakil Ketua II DPRD Rohil, Basiran Nur Efendi SE M.IP, berlangsung di ruang sidang paripurna, Kamis (5/1/2023) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPRD Rohil Maston, sejumlah anggota dewan dari unsur fraksi-fraksi, komisi dan badan. Selain itu hadir juga mewakili Bupati Rohil yakni Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum Setdakab Rohil, HM Nurhidayat SH MH, perwakilan OPD dan para tokoh.

Basiran Nur Efendi mengungkapkan, terdapat sejumlah dasar penting dari digelarnya PAW tersebut, seperti adanya SK Gubernur Riau terkait perihal pemberhentian anggota DPRD atas nama Hj Rusmanita.

Selanjutnya, surat keputusan DPP PDI Perjuangan, surat DPC PDI Perjuangan terkait pemberitahuan PAW anggota PDI Perjuangan. Berikutnya SK Gubri tertanggal 26 Desember 2022 perihal peresmian pengangkatan PAW atas nama Kurniawan Syahputra. Begitu juga hasil rapat Banmus DPRD Rohil pada 5 Januari siang, sehingga digelarnya paripurna.

"Selanjutnya disaksikan pengambilan sumpah dan janji pelantikan PAW DPRD Rohil sisa masa jabatan 2019-2024 tersebut dengan berpedoman pada undang-undang maupun peraturan DPRD Rohil," katanya.

Sekwan DPRD Rohil Sarman Syahroni ST, M.IP membacakan SK Gubri kpts.1869/XII/2022 tentang peresmian pengangkatan anggota DPRD Rohil atas nama Kurniawan Syahputra.

Setelah itu, dilanjutkan penandatanganan berita acara. Sekwan Sarman Syahroni menambahkan, terkait dengan kegiatan PAW tersebut telah dijalankan sesuai dengan proses dan tahapan yang ada, bahkan terbilang cukup lama mencapai beberapa bulan.

"Kami mengharapkan dengan telah dilantiknya PAW bisa menambah jumlah anggota dewan dan bisa membantu di fraksinya dan di DPRD Rohil dalam tugas fungsi DPRD," kata Sarman.

Sementara itu, Kurniawan Syahputra menyampaikan ucapan terimakasih atas diselenggarakannya proses pelantikan PAW tersebut. Ia berjanji, siap bekerja dengan maksimal, sesuai dengan masa jabatan yang ada bersama dengan kalangan DPRD. Dia mengharapkan bimbingan, baik dari sekretariat dewan mau pun dari kalangan anggota dewan yang ada. (rif)

Berita Lainnya

Index