Bupati Rohil Kukuhkan Pengurus FKDM Kabupaten dan Kecamatan

Bupati Rohil Kukuhkan Pengurus FKDM Kabupaten dan Kecamatan
Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP saat menyerahkan bendera petaka kepada pengurus FKDM Kabupaten Rohil, Selasa (20/12/2022) di Gedung Serbaguna H Misran Rais, Bagansiapiapi. (dok. Bupati Rohil)
ROHIL - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP secara resmi mengukuhkan dan membuka bimtek pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Rohil dan kecamatan se-Rohil tahun 2022, Selasa (20/12/2022).

Pengukuhan dan bimtek yang dipusatkan di Gedung Serbaguna H Misran Rais tersebut mengusung tema "Sinergitas FKDM Rohil dalam deteksi dini ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG) dalam kehidupan bangsa dan Negara."

Turut hadir dalam pengukuhan tersebut Wabup Rohil H Sulaiman SS MH, Direktur Kewaspadaan Nasional Sri Handoko Taruna SSTP MSi, Sekda Rohil Fery H Parya, para Kepala OPD, Camat, Wadanramil 01 Bangko Kapten Arh Simson Siregar, Ketua MUI Rohil, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan berbagai unsur lainnya.

Pengukuhan diawali dengan pembacaan surat keputusan, pembacaan naskah dan penandatanganan naskah pengukuhan serta penyerahan bendera petaka.

Ketua FKDM Rohil Muhammad Hotib yang diwakili Sekretaris Sulisman mengucapkan ribuan terimakasih kepada Bupati Rohil dan Pemkab Rohil serta Direktur Kewaspadaan Nasional yang telah mendukung pengukuhan FKDM Kabupaten Rohil.

"Kita menargetkan pada 2023 mendatang tepatnya bulan Maret seluruh desa se-Rohil sudah dikukuhkan pengurus FKDM," katanya.

Sementara terkait masalah pembiayaan jelas Sulisman, Bupati Rohil sudah berkoordinasi dengan Kesbangpol, dan akan dibantu FKDM ini sampai di tingkat kecamatan dan desa dalam operasional.

Pembentukan FKDM ini sebutnya, sesuai dengan tupoksi untuk mendeteksi dan melaporkan secara cepat terhadap ancaman, hambatan gangguan serta tantangan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

"Kita akan berupaya bekerja secara profesional dalam membantu pemerintah daerah dari semua ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Sulisman menyebutkan, pengurus yang dikukuhkan berjumlah 90 orang dari kabupaten dan 18 kecamatan se-Rohil.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada direktur kewaspadaan nasional yang telah hadir di Bagansiapiapi dalam agenda pengukuhan FKDM Kabupaten Rohil.

"Selamat dikukuhkan, dan semoga dapat bekerja bersungguh-sungguh untuk daerah dalam memberikan informasi, baik di tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten," sebut bupati.

Kepada pengurus kecamatan, bupati meminta agar segera membentuk kepengurusan tingkat kepenghuluan dan melakukan koordinasi dengan semua pihak yang terkait.

Pemda tambah bupati, akan terus memberikan dukungan dan anggaran agar organisasi benar-benar dapat bekerja sesuai dengan tupoksi.

Usai pengukuhan, dilanjutkan acara bimtek yang dibuka oleh Bupati Rohil dengan ditandai pemukulan beduk. Bupati juga menyerahkan cinderamata kepada Direktur Kewaspadaan Nasional.

Direktur Kewaspadaan Nasional, Sri Handoko Taruna mengatakan, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat yang dikukuhkan Bupati Rohil hari ini, sebenarnya adalah amanat Permendagri no 46 tahun 2019.

"Amanat ini sebenarnya adalah suatu pemberdayaan untuk masyarakat kita, bagaimana masyarakat ikut terlibat untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," ucap Sri Handoko Taruna.

Pada intinya sebut dia, forum ini sebenarnya untuk mengantisipasi bagaimana apa yang terjadi di masyarakat, sehingga tidak timbul permasalahan lain di masyarakat. Sementara dalam teori pemerintahan, forum ini adalah komunikasi.

"Kami melihat FKDM Rohil yang baru dikukuhkan hari ini memiliki semangat yang luar biasa, bahkan kerapian dan keseragamannya tidak kami lihat di beberapa daerah lain. Di Rokan Hilir kami angkat jempollah," ujar direktur.

Menurutnya, hal ini sesuatu hal yang bagus, positif dan modal besar untuk menjadikan Rokan Hilir jauh lebih bagus.

"Juga kami sampaikan, sebagai Direktur Kewaspadaan Nasional, baru pertama kami ke sini. Ini menunjukkan bahwa Rokan Hilir daerah yang aman, stabil dan tidak ada permasalahan," pungkasnya. (rif)

Berita Lainnya

Index