DPRD dan Pemkab Rohil Sahkan APBD Tahun 2023

DPRD dan Pemkab Rohil Sahkan APBD Tahun 2023
DPRD Rohil menggelar rapat paripurna pengesahan APBD tahun anggaran 2023, Rabu (30/11/2022) di Ruang Rapat Utama DPRD, Bagansiapiapi. (Abdul Arif Rusni, RiauKarya.com)

BAGANSIAPIAPI - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar rapat paripurna pengesahan APBD tahun 2023, Rabu (30/11/2022) di Ruang Rapat Utama DPRD, Bagansiapiapi.

Rapat dipimpin Ketua DPRD Rohil Maston, didampingi Wakil Ketua l Abdullah, Wakil Ketua ll Basiran Nur Efendi, dan Wakil Ketua lll Hamzah, anggota DPRD Rohil, Sekretaris DPRD Sarman Syahroni ST MIP dan Kabag Persidangan DPRD Rohil Julianda.

Sementara dari pemerintah daerah (Pemda) dihadiri Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP, Wakil Bupati H Sulaiman SS MH, Pj Sekda Drs H Fery Hendra Parya, para Asisten, kepala OPD serta kabag.

Dalam pidatonya, Ketua DPRD Rohil Maston menjelaskan, bahwa pembahasan atas Ranperda Kabupaten Rohil tentang APBD 2023 yang diajukan oleh Pemda sesuai ketentuan pasal 18 peraturan DPRD Rohil No 1 Tahun 2019 tentang tata tertib, telah dilaksanakan oleh DPRD melalui badan anggaran (Banggar) dan komisi-komisi dengan pihak pemerintah melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk mendapatkan persetujuan bersama.

Adapun rancangan tahun 2023 yang dibahas adalah sebagai berikut:
- Pertama, pendapatan daerah sebesar Rp 2.148.166.099.483.
- Kedua, belanja daerah sebesar Rp 2.214.150.000.000.
- Ketiga, pembiayaan daerah diperkirakan sebesar Rp 65.983.900.517.

Tahapan pembicaraan atas pembahasan RAPBD Kabupaten Rohil sesuai pasal 10 peraturan DPRD Rohil No 1 Tahun 2019 tentang tata tertib dengan berpedoman pada Pemendagri No 84 Tahun 2022 tentang pedoman penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2023, telah memasuki pembicaraan tingkat dua dan merupakan tahap akhir pembahasan yang berisi rangkaian kegiatan antara lain adalah:

1. Penyampaian laporan yang berisi proses pembahasan pendapatan fraksi dan hasil pembahasan tingkat satu oleh Banggar dan komisi-komisi.

2. Permintaan persetujuan secara lisan dari pimpinan rapat kepada anggota dalam rapat paripurna.

3. Pendapat Akhir Bupati

"Badan anggaran dan komisi-komisi telah melakukan pembahasan atas RAPBD Kabupaten Rokan hilir Tahun Anggaran 2023, baik secara internal maupun bersama dengan TAPD dan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dari tanggal 29-30 November 2022" ujarnya.

Bupati Rohil Afrizal Sintong, SIP dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Rokan Hilir yang telah bekerja selama ini membahas bersama tim anggaran pemerintah daerah.

"Dengan telah disetujui APBD untuk tahun 2023, kami selaku pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD Rohil yang telah bekerja untuk membahas bersama TAPD. Alhamdulillah, artinya malam ini telah selesai disahkan, tinggal nanti verifikasi dari provinsi, mudah-mudahan secepatnya, kita juga berusaha menjalankan ini secepatnya," ungkap bupati.

Berita Lainnya

Index