Tingkatkan Mutu Pendidik, Pemkab Rohil Akan Rekrut Lagi P3K Guru

Tingkatkan Mutu Pendidik, Pemkab Rohil Akan Rekrut Lagi P3K Guru
Bupati Rohil Afrizal Sintong, SIP bersama para guru yang menerima penghargaan pada peringatan HUT PGRI ke-77 dan HGN tahun 2022, Sabtu (26/11) di Bagansiapiapi. (Dokumentasi Bupati Rohil)
BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar upacara peringatan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 77 dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022, Sabtu (26/11) di Bagansiapiapi.

Bupati Rohil Afrizal Sintong, SIP yang memimpin upacara tersebut mengucapkan selamat untuk guru seluruh Indonesia.

"Semoga apa yang telah dibuat tenaga pendidik selama ini menjadi amal ibadah, karena bermanfaat untuk masyarakat," ungkapnya.

Terkait Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), bupati menyebutkan bahwa Kabupaten Rohil masih ada penerimaan gelombang ketiga untuk kuota guru honorer.

"Rencana kita semua guru honorer sesuai kuota yang kita butuhkan kemarin sekitar dua ribu lebih, ini akan kita rekrut kembali supaya meningkatkan kinerja guru yang selama ini mungkin gaji yang diterima alakadarnya, dan sekarang gajinya mengikuti standar pengawai negeri," jelasnya.

Ia menyampaikan, langkah-langkah yang dilakukan tersebut adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Rohil.

"Mudah-mudahan mutu pendidikan di Rohil mampu bersaing dengan daerah-daerah lainnya," harap bupati.

Sementara untuk gaji P3K, Pemkab Rohil menganggarkan Rp 32 Miliar, itu belum termasuk TPP. "Ke depan nanti kita sudah anggarkan untuk TPP-nya," ucap Afrizal.

Untuk gaji P3K pada tahun ini, Pemkab Rohil menganggarkan di APBD-P dan masih menunggu verifikasi di provinsi, sedangkan nomor Perda sudah keluar.

"Insyaallah dalam minggu depan ini sudah bisa dibayarkan semua dari awal mereka dilantik kemarin yaitu dari bulan April sampai Desember ini akan dibayarkan langsung," jelasnya.

"Makanya ada keterlambatan pembayaran gaji P3K, karena anggarannya sudah dialokasikan di APBD Perubahan, termasuk gaji honor mereka yang lama juga ditahan dan tidak bisa dibayarkan karena dialihkan menjadi gaji P3K," pungkas Bupati Rohil. (rif)

Berita Lainnya

Index