Masuk Ramadhan Harga Kelapa Bulat Akan Turun 40 %

Masuk Ramadhan Harga Kelapa Bulat Akan Turun 40 %
Kelapa Bulat

 

INHIL - Kabar mengecewakan bagi Petani Kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang mana harga kelapa bulat akan turun 40 %.

 

Pernyataan itu diakui oleh Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Inhil Azwar, Selasa (23/5/2017).

 

Dia menyampaikan, bahwa harga kelapa dari petani menuju ke kapal sebesar Rp 29.000/ butir di daerah Pulau Kijang. " Berat kelapa jambul ini rata-rata satu kilo dua mata perbutirnya, " Katanya.

 

Sebelumnya Azwar mengungkapkan harga kelapa dari petani ke pabrik untuk hari ini masih normal. " Perbutir harganya sekitar Rp 32.000/ butir di daerah Sungai Salak, " Ulasnya.

 

Namun, lanjutnya, Sifat kenaikan maupun penurunan ini bersifat sementara. " karana kelapa banjir alias banyak, maka harganya bakalan turun, tapi jika pasokan kelapa kurang atau petani tidak panen, kemungkinan harga kelapa bakal naik dikarnakan adanya permintaan, " Jelasnya.

 

Di jelaskan nya, dari 429,110 hektar produksi kelapa mencapai 2.032,629 ton pertahun di kabupaten inhil. " Lebih kurang pasokan kelapa sekitar 8 juta butir ada perharinya, " Tutupnya.(***)

Berita Lainnya

Index