Walau Hanya Sekali Efek Menghisap Lem Sangat Fatal

Walau Hanya Sekali Efek Menghisap Lem Sangat Fatal
Ilustrasi

 

INHIL - Walau hanya sekali efek menghisap lem sangat fatal karna telah melewati ambang batas yang bisa ditoleransi oleh tubuh.

 

" Menghirup uap lem bisa membunuh dalam seketika dengan beberapa gejala kematian mendadak, sesak nafas, Asphyxia, " Jelas Dokter Umum Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Dr. Nia Kurnia, Senin (22/5/2017).

 

Efek yang ditimbulkan dari menghirup uap lem hampir sama dengan jenis narkoba lain, yaitu menyebabkan halusinasi, sensasi melayang-layang, dan rasa tenang sesaat meski terkadang efeknya hanya bisa bertahan beberapa jam saja. 

 

Selain itu, mereka yang mengisap lem juga tidak merasakan lapar karena ada penekanan sensor lapar disusunan saraf otak.

 

Dr. Nia juga mengatakan menghirup uap lem atau ngelem dapat membuat denyut jantung meningkat, mual dan muntah, halusinasi, mati rasa atau hilang kesadaran, susah bicara atau cadel, kehilangan koordinasi gerak tubuh.

 

" Lebih berbahayanya lagi, efek ngelem jangka panjang, yang akan berefek merusakan otak, mulai dari cepat pikun, kesulitan mempelajari sesuatu, parkinson, otot melemah, depresi, sakit kepala dan mimisan, Kerusakan saraf karena hilangnya kemampuan mencium dan mendengar, " Tutupnya.(***)

Berita Lainnya

Index