Hari Jadi Rohil ke-23, Maston: Rohil Terus Berbenah Bergerak Maju

Hari Jadi Rohil ke-23, Maston: Rohil Terus Berbenah Bergerak Maju
Ketua DPRD Rohil, Maston membuka rapat paripurna istimewa hari jadi Kabupaten Rokan Hilir ke-23.
ROHIL - DPRD Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka hari jadi Rohil ke-23 tahun 2022. Rapat dilaksanakan di ruang sidang paripurna DPRD Rohil, Jalan Lintas Pesisir Sungai Rokan, Kecamatan Bangko, Rokan Hilir, Riau, Selasa (4/10).

Rapat paripurna istimewa DPRD Rohil itu dihadiri Asisten ll Pemprov Riau Job Kurniawan mewakili gubernur, Kajati Riau diwakili Asintel Raharjo Budi Kisnanto, Bupati Rohil Afrizal Sintong, Wabup Rohil H Sulaiman, Kajari Rohil Yuliarni Appy, Dandim 0321/Rohil Letkol Inf M Erfani, Ketua Pengadilan, Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto.

Selanjutnya hadir para anggota DPRD Riau Dapil Rohil masing-masing Karmila Sari, Ali Rahmad Harahap, Abu Khoiri, Suryadi, kemudian mantan Ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, mantan Sekdakab Rohil Surya Arfan, anggota komite perjuangan Kabupaten Rohil, Walikota Dumai H Faisal, Ketua DPRD Pekanbaru, Ketua DPRD Dumai, camat, penghulu, Ketua KPU, Bawaslu, serta LAM Provinsi Riau.

Rapat paripurna istimewa DPRD Rohil dibuka secara langsung oleh Ketua DPRD Rohil Maston. Turut mendampingi Wakil Ketua Abdullah, Basiran Nur Efendi, Hamzah, dan Sekretaris DPRD Rohil H Sarman Syahroni, serta Kabag Persidangan Julianda.

Ketua DPRD Rohil Maston menyampaikan, tepat pada hari ini, Selasa 4 Oktober 2022, seluruh lapisan masyarakat dengan penuh sukacita merayakan hari jadi terbentuk Kabupaten Rohil yang berjuluk negeri seribu kubah.

“Waktu demi waktu terus bergulir menambahkan hitungan usia untuk semakin dewasa, demikian halnya dengan Kabupaten Rokan Hilir, telah berdiri kokoh di atas pondasi semangat tokoh-tokoh pendiri dalam upaya membangun negeri,” ucap Maston.

Kabupaten Rokan Hilir, sebutnya, adalah sebuah negeri yang terus berbenah dan bergerak maju. Oleh karena itu, hari jadi Kabupaten Rokan Hilir semestinya bukanlah semata-mata peristiwa mengenang dan berbagi cerita, bukan sekedar bergembira atau seremonial belaka, tapi lebih dari itu. Peristiwa ini hendaklah kita jadikan momentum strategis untuk melakukan kilas balik terhadap derap pembangunan yang telah dilakukan.

Perjalanan sejarah panjang membentuk Kabupaten Rokan Hilir pada awal usulan bernama Daerah Swatantra Tingkat ll Bagansiapiapi merupakan bagian wilayah Kabupaten Bengkalis yang terdiri dari tiga wilayah kecamatan, antara lain Kecamatan Kubu, Bangko dan Tanah Putih, telah dimulai sejak tahun 1963, tepatnya pada tanggal 18 Desember.

“Pada waktu itu dibentuk suatu kepanitiaan yang diketuai oleh Husin Rambah, Wakil Ketua H Junus Nur dan beberapa anggota lainnya, dengan dukungan dari para tokoh-tokoh masyarakat, cerdik pandai, alim ulama, partai politik serta organisasi massa. Namun demikian, usaha tersebut belum membuahkan hasil dan dalam perjalanannya keinginan untuk membentuk Kabupaten Rokan Hilir kembali berlanjut hingga diawal masa reformasi pada tahun 1999,” ungkap Maston.

Berita Lainnya

Index