Usia ke-23, Rohil Wujudkan Daerah 'Aman': Amanah, Makmur dan Nyaman

Usia ke-23, Rohil Wujudkan Daerah 'Aman': Amanah, Makmur dan Nyaman
Bupati Rohil Afrizal Sintong secara langsung memimpin upacara peringatan HUT Rohil ke 23.
BAGANSIAPIAPI - Tepat pada 04 Oktober 2022 ini, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berusia 23 tahun. Dimana, berdirinya Kabupaten Rohil sesuai dengan undang-undang Nomor 53 Tahun 1999.

Bupati Rohil Afrizal Sintong secara langsung memimpin upacara peringatan HUT Rohil ke 23 yang dipusatkan didepan Kantor BPKAD, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Selasa (4/10/2022).

Bupati Rohil Afrizal Sintong menyampaikan, bahwa dibulan Oktober ini ada beberapa peristiwa yang mempunyai nilai historis dan strategis, serta menjadi penting untuk diperingati.

Peristiwa penting tersebut kata bupati, antara lain pada tanggal 4 oktober pada setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Jadi Kabupaten Rohil dan telah pula ditetapkan menjadi agenda daerah, bahwa penyelenggaraan peringatan Hari Jadi Rohil akan dilakukan upacara sebagaimana saat ini dilaksanakan dan serentak juga dilaksanakan disetiap kecamatan se-Kabupaten Rohil.

Sebagai kegiatan puncak dari penyelenggaraan peringatan Hari Jadi Kabupaten Rohil adalah akan dilaksanakanya sidang Paripurna Istimewa DPRD Rohil.

Tanggal 5 oktober lanjutnya, diperingati sebagai "Hari Lahirnya Tentara Nasional Indonesia". Untuk itu, dalam kesempatan tersebut atas nama jajaran pemerintah dan segenap masyarakat Kabupaten Rohil, bupati menyampaikan ucapan selamat kepada anggota dan segenap keluarga besar TNI yang merayakan hari jadi ke 77.

"Semoga TNI tetap jaya dalam mengamankan dan mempertahan keutuhan NKRI," kata bupati.

Bupati menerangkan, sebagai bangsa yang bermartabat serta masyarakat yang berbudaya, memperingati lahirnya suatu peristiwa haruslah dilihat, dikaji dan dicermati dari berbagai aspek.

"Karena dalam proses dan perjalanan peristiwa itu banyak terkandung pesan dan mempunyai makna dan nilai-nilai moral yang patut dipahami, sekaligus menjadi pelajaran dan pengalaman bagi kita khususnya bagi generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa dan pembangunan Rohil kedepan," sebutnya.

Kabupaten Rohil, kata Afrizal, telah melalui proses panjang dan berliku, serta memerlukan berbagai pengorbanan, sesungguhnya tidaklah hanya bertujuan memisahkan diri dari stuktur Pemerintahan Kabupaten Bengkalis, namun terbentuknya struktur pemerintahan baru yang saat ini bernama Kabupaten Rohil.

"Tentunya hendaklah dapat kita pastikan, selain memperpendek rentang kendali terciptanya optimalisasi akses pelayanan pemerintah dan lebih mempercepat pelaksanaan pembangunan dalam mensejahterakan masyarakat, haruslah menjadi perhatian kita bersama," jelasnya.

Saat ini katanya lagi, cita-cita dari para pelaku perjuangan Kabupaten Rohil masih banyak yang belum dicapai, sedangkan diantara dari mereka banyak yang telah mendahui.

"Maka oleh karena itu, sepantasnyalah kepada kita semua khususnya kita yang hadir disini menyampaikan penghargaan, sembari memanjat do'a, memberikan balasan yang setimpal atas perjuangan tersebut," terangnya.

Bupati juga mengatakan, sebagai penerus perjuangan bangsa dan pembangunan Rohil, hendaknya menjadikan nilai-nilai dan semangat dari suatu perjuangan tersebut sebagai motivasi dan orientasi didalam melaksanakan pembangunan.

Nilai dan semangat dimaksud adalah terbangunnya nilai kebersamaan, mau bekerja keras, kerelaan berkorban untuk kepentingan yang lebih besar serta keikhlasan untuk berbuat yang terbaik.

Sejalan dengan nilai dan semangat tersebut diatas, lanjutnya, maka tema yang kita usung pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir tahun ini adalah "Melalui Peringatan Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir Ke-23 Tahun 2022, Kita wujudkan Kabupaten Rokan Hilir yang AMAN yaitu Amanah, Makmur dan Nyaman".

"Dengan tema ini, diharapkan dapat menggugah kita untuk dapat melahirkan jiwa dan semangat baru dalam melaksanakan pembangunan, guna terwujudnya daerah Kabupaten Rohil yang maju, religius dan berbudaya berbasis infrastruktur dan perekonomian yang handal," harapnya.

Bupati menambahkan, pada 4 oktober disetiap tahunnya, adalah merupakan suatu momentum penting yang memiliki nilai historis, terutama bagi segenap lapisan masyarakat Rohil, baik yang tinggal diperkotaan maupun dipedesaan, untuk mengingat kembali Dharma Bhakti dan jasa-jasa para pejuang dan pendiri Kabupaten Rohil, sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur yang mendalam kepada Allah SWT hingga terbentuknya upacara memperingati Hari Jadi Kabupaten Rohil ke-23.

Dalam pidatonya, bupati juga menceritakan sejarah awal berdirinya Kabupaten Rohil yang dulunya dibawah Kabupaten Bengkalis.

"Selaku pemerintah daerah, kami mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Rohil ke 23. Mari bersama membangun daerah demi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat kedepannya," pungkasnya.

Upacara hari jadi Kabupaten Rohil ke 23 juga dihadiri Wabup Rohil H Sulaiman, Ketua DPRD Rohil Maston, Ketua PKK Sanimar Afrizal, Wakil Ketua PKK Sari Eka Rahmi, Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani SH MTr, Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto, Ketua PN Rohil, Ketua PA, para kepala OPD, Ormas, OKP, tokoh pemuda, tokoh agama dan berbagai unsur lainnya.

Berita Lainnya

Index