Rapat Paripurna Jawaban Bupati Rohil Atas Pandangan Fraksi DPRD

Rapat Paripurna Jawaban Bupati Rohil Atas Pandangan Fraksi DPRD
Rapat paripurna penyampaian jawaban Bupati Rohil terhadap pandangan fraksi-fraksi tentang rancangan perubahan APBD Kabupaten Rohil tahun anggaran 2022.
ROHIL - DPRD Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar rapat paripurna penyampaian jawaban Bupati Rohil terhadap pandangan fraksi-fraksi tentang rancangan perubahan APBD Kabupaten Rohil tahun anggaran 2022, berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Rohil, Jumat (30/9/2022).

Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua II DPRD Rohil Basiran Nur Efendi didampingi Ketua DPRD Maston, Wakil Ketua I Abdullah, para anggota DPRD masing-masing fraksi, Sekretaris DPRD Sarman Syahroni serta Kabag Persidangan H Julianda.

Sementara pemerintah daerah diwakili Sekda Rohil Fery Hendra Parya, para Asisten dan Kepala OPD dilingkungan Pemkab Rokan Hilir.

Dalam kesempatan itu, Sekda Rohil membacakan jawaban pemerintah terhadap rancangan perubahan APBD Kabupaten Rokan Hilir tahun anggaran 2022.

"Sebelumnya kami menyampaikan ucapan terima kasih atas pandangan umum dari fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Rokan Hilir terhadap rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Rohil tahun 2022," sebutnya.

Pemda Rohil berpendapat, bahwa pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Ranperda tentang APBD kabupaten Rohil tahun anggaran 2022 bertujuan untuk memberikan masukan dan saran agar pemda dapat memformulasikan Ranperda tentang APBD tahun anggaran 2022 sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, sehingga rancangan perubahan APBD kabupaten anggaran 2022 dapat lebih transparan, akuntabel dan mempunyai fungsi sebagai otorisasi perencanaan, pengawasan, alokasi, distribusi dan stabilisasi yang bertujuan untuk membangun peraturan Kabupaten Rohil yang lebih baik kedepan.

Adapun jawaban pemerintah atas pandangan umum terhadap Ranperda tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Rokan Hilir tahun anggaran 2022 diawali dengan menanggapi pandangan umum dari Fraksi Partai PDI Perjuangan.

Sekda menyampaikan, terkait pandangan umum Fraksi PDIP yang disampaikan oleh Purnomo, S.Ag memberikan masukan, saran agar pemda terus mengevaluasi dan meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Rokan Hilir. Pada prinsipnya pemerintah daerah terus berupaya secara maksimal dalam menggali sumber-sumber PAD dan melakukan berbagai kebijakan serta mengambil langkah-langkah strategis dalam hal peningkatan PAD, dimana ada beberapa sektor pajak yang dapat dimaksimalkan dan mohon dukungan serta bantuan dari DPRD Rokan Hilir agar diberikan kemudahan.

"Terkait masukan dan saran Fraksi PDIP mengenai mengedepankan azas-azas pengelolaan pemerintahan yang baik dan untuk mensejahterakan masyarakat yang baru mulai pulih dari dampak pandemi Covid-19, pemda tetap berupaya semaksimal mungkin mengelola keuangan agar terciptanya stabilitas sosial politik dan program pembangunan daerah, dan terkait pendanan pemilihan Penghulu (Pilpeng) tahun 2022 akan bisa menjadi pembahasan pada tahap-tahap selanjutnya," ujarnya.

Kemudian jawaban pemerintah terhadap pandangan umum Fraksi Partai Golkar yang disampaikan oleh Aswin, SE mengenai memfokuskan pembangunan infrastruktur khususnya pada daerah yang terisolasi maupun sulit dijangkau di Kabupaten Rokan Hilir, Pemda telah memprogramkan dalam sektor pembangunan infrastruktur dengan memperhatikan sektor-sektor lainnya seperti kesehatan, pendidikan dan pelayanan publik akan menjadi perhatian bersama dalam pembahasan rancangan APBD perubahan.

Selanjutnya jawaban pemerintah atas pandangan Fraksi Partai Nasdem yang disampaikan oleh Raly Anugrah Harahap. Terkait atas dukungan dan masukan yang diberikan Partai Nasdem kepada Pemda dalam hal demokrasi untuk menjalankan roda pemerintah desa agar pemilihan penghulu terlaksana dengan waktu yang se-efesien mungkin telah kami sampaikan pada jawaban pandangan fraksi sebelumnya.

Jawaban pandangan umum Fraksi Partai Hanura yang disampaikan oleh Sunirah berkaitan dengan anggaran pendapatan daerah, hal ini pemda akan berupaya untuk tetap mengedepankan dalam hal pendapatan daerah dan belanja daerah dari berbagai sektor, sehingga pendapatan dapat dimaksimalkan untuk pembangunan daerah.

Kemudian jawaban pandangan umum Fraksi Partai Demokrat yang disampaikan oleh Imam Suroso, SE. Terkait pandangan, masukan serta catatan dan saran diantaranya pemulihan ekonomi, pembangunan infrastruktur ke daerah yang lebih memerlukan perhatian dengan kenaikan BBM.

"Ini akan menjadi perhatian kita bersama dan kita berupaya agar ekonomi berjalan stabil pasca Covid-19," ungkapnya.

Kemudian terkait pemenuhan tenaga kesehatan disetiap puskesmas, pengangkatan penghulu bukan dari tenaga kesehatan dan pendidikan menjadi pertimbangan dalam pengangkatan penghulu selanjutnya.

Sementara itu, jawaban terhadap pandangan umum Fraksi Partai PAN yang disampaikan oleh Budi Santoso, dalam rangka penyusunan rancangan perubahan APBD tahun 2022, pemda turut serta ikut berpartisipasi dalam memperhatikan masyarakat, terlebih masyarakat yang terkena dampak Inflasi sektor energi.

"Pemda dengan perubahan APBD tahun 2022 akan mencoba memprogramkan di sektor pembangunan daerah yang dirasakan langsung oleh masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, jawaban terhadap pandangan umum Fraksi PKS yang disampaikan oleh Syamsudin. "Terkait saran dan masukan kepada pemerintah terhadap strategi dan upaya peningkatan pendapatan hasil daerah dengan skema peningkatan kapasitas aparatur, pelayanan prima dan pemutakhiran data pajak, kami ucapkan terima kasih," cetusnya.

Selanjutnya jawaban terhadap pandangan umum Fraksi Gabungan Indonesia Bangkit yang disampaikan oleh Muzakir memberikan masukan dan saran dalam hal pembangunan infrastruktur daerah, perubahan tata kelola pemerintahan dan pembangunan agar berjalan secara baik dengan menilik dan melihat prioritas yang telah ditetapkan, serta percepatan pembangunan dimasa yang akan datang.

"Atas saran dan masukan diperlukan duduk bersama dengan seluruh perusahaan yang beraktivitas di Kabupaten Rokan Hilir," bebernya.

Terakhir jawaban pemerintah terhadap Fraksi Gabungan Gerindra Pembangunan Berkarya yang disampaikan oleh Ismaryanti. Terkait dengan poin pandangan umum fraksi yang memberikan saran dan masukan diantaranya aktivitas koperasi dan UMKM, olahraga, kesenian melayu, sarana dan prasarana untuk nelayan serta pertanian akan menjadi perhatian dan pertimbangan dalam perubahan APBD-P tahun 2022.

"Saya mengucapkan terima kasih atas perhatiannya dan semoga Allah SWT senantiasa memberkati perjuangan dan perhatian kita kepada bangsa dan negara terutama pada Kabupaten Rohil yang kita cintai ini, dengan harapan dapat memenuhi jawaban terhadap pandangan fraksi-fraksi yang disampaikan," imbuhnya.

Berita Lainnya

Index