Cipta Harkamtibmas, Polres Inhu Agendakan Pertemuan Adat

Cipta Harkamtibmas, Polres Inhu Agendakan Pertemuan Adat
Kasat Binmas Polres Inhu AKP. Buha Siahaan (tengah) KBO Binmas Polres Inhu Iptu. Yohanes Nahar bersama tokoh adat Talang Mamak Inhu

INHU - Mewujudkan tanggung jawab atas tugas pokoknya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, Kepala Kepolisian resort (Kapolres) kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), AKBP. Bachtiar Alponso,SIK.M.Si turunkan Kasat Binmas, AKP. Buha Siahaan menyisir daerah Inhu hingga ke pedalaman. Kehadirannya juga bersama KBO Binmas Polres Inhu, Iptu. Yohanes Nahar. 

Seperti halnya yang dilakukan di kecamatan Batang Cenaku, Jumat (30/9/2022). Kasat Binmas, AKP. Buha Siahaan mengemas pertemuan dengan para wakil masyarakat adat. Seperti halnya dari adat Talang Mamak. Dimana perwakilan adat yang dimaksud adalah seorang Batin Pembubung, Darwin yang tinggal di desa Aur Cina. 

Pertemuan dilakukan pukul 09.00 WIB di rumah Batin Pembubung masyarakat adat Talang Mamak itu. Dalam pertemuan hadir para Batin yang tersebar di tiga kecamatan yakni kecamatan Batang Cenaku, Rakit Kulim, Seberida dan kecamatan Batang Gansal. Batin dalam artian disini adalah pucuk pimpinan kelembagaan adat Talang Mamak yang menguasai bebarapa wilayah adat kebatinan. 

Dalam kesempatan itu hadir juga ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Inhu, Gilung. Dalam pertemuan, Kasat Binmas duduk rapat bersama team kepolisian sektor (Polsek) Batang Cenaku. Dimana didalamnya hadir Babinkamtibmas desa Aur Cina Bripka. Edi.H. Simanjuntak sebagai mediator pertemuan adat tersebut. 

Nampak juga Kanitres Batang Cenaku Ipda. Awet Nainggolan SH.MH dan anggota mengawal sang Kasat bertemu ramah dengan para tokoh adat tersebut. Kasat yang dimasa 4 tahun lalu pernah menduduki jabatan Kapolsek Kelayang itu juga membahas beberapa hal. Menurutnya saat dikonfirmasi riaukarya.com mengatakan pembahasan dilakukan dengan tujuan bakal ada pertemuan adat dengan kesatuannya pada tanggal 5 Oktober mendatang di balai adat Talang Mamak. 

" kami melakukan pencatatan nama nama tokoh adat juga batin untuk diundang hadir di balai adat mereka dalam acara nanti pada tanggal Lima Oktober " kata Siahaan. 

Pembahasan juga dilakukan bersama ketua AMAN, Gilung. Dimana AMAN diketahui selama ini juga kerap tampil menjadi prakarsa masyarakat adat Talang Mamak di Inhu. Gilung mengatakan pihaknya akan memidiatori acara nantinya bersama seluruh pihak adat yang terkait. 

" mulai hari ini kami akan siapkan tempat juga waktunya, setelah fair nanti kami hubungi pak Kasat " katanya.

Selanjutnya dalam pembahasan juga mengangkut tema pemeliharaan, keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya untuk adat setempat. Kasat berwajah ramah yang satu ini juga sempat mencuplik pertanyaan dan perbincangan seputar tradisi adat Sabung Ayam yang disinyalir rentan oleh praktik perjudian hingga ketua AMAN Inhu, menegaskan bahwa sesungguhnya praktek itu dilarang keras oleh adat, kecuali atas dasar keharusan yang mebgikat urusan ritual adat.

" sebetulnya praktek itu tak berlaku buat orang lain, kecuali adat mengharuskan oleh karena ikatan dan aturan adat itu sendiri yang masuk sebagai syarat prosesi dan ritual hajat adat kami " tegas Gilung.

Terakhir Kasat Binmas, AKP. Buha Siahaan mewanti wanti semua yabg hadir agar bisa komitmen dan siaga acara nanti pada 5 Oktober. Bahkan Buha mengungkapkan jika pada pertemuan 5 Oktober mendatang akan ada wawancara seputar permasalahan adat dan wilayahnya. Kasat juga memungkinkan jika acara nanti pihaknya akan datang bersama perwakilan Polda Riau, sebab agendanya saat ini dilakukan atas dasar intruksi Wakapolda langsung.(by)

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index