Klarifikasi Resmi Lembaga AR Learning Center dan YPPN DIY

Klarifikasi Resmi Lembaga AR Learning Center dan YPPN DIY
foto pengurus lembaga AR

YOGYAKARTA- Pendiri Lembaga AR Learning Center sekaligus Ketua Pembina Yayasan Pusat Pembelajaran Nusantara (YPPN) mengingatkan agar lebih bijak dalam bersikap untuk menerima dan menyampaikan sebuah informasi.

Hal tersebut melihat baru - baru ini terdapat sebuah berita viral yang seakan menyudutkan nama baik AR Learning Center yang tidak sepenuhnya benar dengan menganggu kenyamanan para Alumni, Member, Trainer dan Pengurus.

"Heran, sudah diberikan kepercayaan kala itu dan kesempatan belajar bisa - bisanya menyampaikan informasi yang tidak layak menjadi konsumsi publik, contohnya kebohongan tentang saya dan mengaku pemilik seorang diri, dan dia hanya mantan pengurus yang bermasalah saat ini," tegas Mas Andre Hariyanto dalam siaran persnya, Ahad (11/09/2022) untuk menanggapi berita yang menganggu semua kenyamanan aktivitas kelembagaan.

Mengutip dalam Q.S Al - Hujurat/46: 6 menjelaskan terkait Skeptis, yakni sikap selalu mempertanyakan segala sesuatu, meragukan apa yang diterima, dan mewaspadai segala kepastian agar tidak mudah tertipu. Apalagi jika datang dari sumber yang tidak jelas. Dalam Islam ada konsep Tabayun.

"Sudah jelas jangan terlalu mudah percaya, apalagi memihak yang mana belum tahu kebenarannya. Jika pernyataan tidak sesuai kenyataan kan dapat menimbulkan fitnah," seru Mas Andre sapaan akrabnya yang membangun dan mendirikan AR Learning Center dari 7 Juni 2020 kepada semua Alumni AR Learning Center lintas Nusantara dan Mancanegara.

"Makanya kemarin aku bilang sama Mas Andre, orang yang terlihat baik aslinya belum tentu baik, bisa jadi ada rencana lain, saya menyesal dekat dan menjadi korban ghosting (tiba-tiba menghilang)," Terang NZ nama samarannya, salah satu yang tidak suka dengan kejadian ini mewakili lainnya.

Sementara itu Humas Lembaga AR Learning Center dan Staf lainnya sebelumnya sudah menjelaskan agar tetap berhati - hati dalam mengambil informasi belum jelas dan disampaikan ke semua Grup Whatsapp Alumni dan pelatihan AR Learning Center yang telah disebarluaskan.

"Kami dari pihak Lembaga AR Learning Center mengklarifikasi bahwa berita yang tengah beredar hari ini tidak benar dan mohon kepada seluruh alumni untuk tidak langsung percaya terkait berita tersebut. In syaa Allah lembaga akan menindaklanjuti terkait berita tersebut," tegas Presty Zulianingsih, S.Ag.

"Sabar Mas Andre, Ayo kita bangkit dan berjuang," sambung Coach Doktor Yuan Badrianto selaku Master Trainer senior di AR Learning Center dalam memberikan semangat.

"Alhamdulillah sudah semakin dewasa sekarang dalam mengambil sikap selaku pimpinan. Tetap klarifikasi dan biarkan saja, yakinlah bahwa cara - cara tidak baik yang telah dibuat tidak akan bertahan lama. Yang sabar ya mas Andre semoga ujian ini menjadikan lebih kuat segalanya," ujar Anis Fatiha, S. Ag., M. Pd selaku Ketua Pengawas Yayasan Pusat Pembelajaran Nusantara dan Senior Alumni terbaik di AR Learning Center dalam wawancara singkat.

Ada beberapa point yang perlu di klarifikasi:

1. AR Learning Center adalah lembaga resmi dengan nomor (Sebagai Pelaku Usaha Mas Andre Hariyanto) dengan Nomor Induk Berusaha 3008220065984

2. Lembaga AR Learning Center dibawah naungan Yayasan Pusat Pembelajaran Nusantara masih tetap beroperasi dan berjalan seperti biasa

3. Alamat Sekretariat AR Learning Center berada di
Dusun Bleber Kidul RT 06/RW 017, Kelurahan Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 55572 (Samping Barat Masjid Taufiqqurahman)

4. Owner yang sah A.n Andre Hariyanto dengan nomor akta 
SK KEMENKUMHAM RI NOMOR AHU-0025010.AH.01.04. TAHUN 2021 AKTE NOTARIS Aan Kurniasih, SH.,M.Kn Nomor: 03 Tanggal 11 Oktober 2021

5. Dokumen yg dikeluarkan oleh AR Learning Center selama ini 
Nomor Pendaftaran 
IDM000984209
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia

Berikut bentuk Klarifikasi Resmi terkait pemberitaan menjatuhkan Owner dan Lembaga AR Learning Center:

1. Telah diberitakan agar tidak lagi menggunakan NIB 0259010040027 sebagai dasar AR Learning Center. Menanggapi hal tersebut telah terdaftar resmi dengan pengurusan kembali pemilik pelaku usaha Andre Hariyanto dengan nomor induk usaha 3008220065984 menggunakan nama usaha Lembaga AR Learning Center (Pusat Pembelajaran, Pendidikan, Pengkaderan) termasuk izin lainnya yang tetap ada baik  di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), Kementerian Hukum Dan HAM serta SK KEMENKUMHAM RI NOMOR AHU-0025010.AH.01.04. TAHUN 2021 AKTE NOTARIS Aan Kurniasih, SH.,M.Kn Nomor: 03 Tanggal 11 Oktober 2021.

2. Menghentikan operasional AR Learning Center karena izin operasional sesuai KBLI sebelumnya. Menanggapi Hal tersebut kode KBLI terbaru 85495 dengan judul KBLI Pendidikan Bimbingan Belajar dan Konseling Swasta serta Pelatihan.

3.Mengaku Lembaga Perorangan milik Zulhamus Syafira dan menganggap perilaku. Dan tanggapanya sebenarnya dikarenakan dulu Kartu Tanda Penduduk (KTP) sedang ada massa pembaharuan, Andre Hariyanto memberikan kepercayaan kepada  Zulhamus Syafira dan mengiyakan bisa memegang kepercayaan namun ada rasa kepemilikan sehingga lupa akan komitmen awal sampai terjadi hal tidak diinginkan.

4. Diberitakan olehnya, mulai tanggal 8 Juni 2022 atau tertanggal Zulhamus Syafira diberhentikan. Tanggapannya sebelumnya sudah diberikan kesempatan agar bisa menjalankan amanah dengan baik dan bertanggungjawab dengan tugas, namun nyatanya lebih cenderung melalaikan dan banyak komplain perihal pelayanan kepada trainer serta pekerjaan yang telah dibebankan saat menjadi pengurus resmi dan kini sudah bukan pengurus lagi.

5.Mengatakan menyalahgunakan tanda. Menanggapi hal tersebut, sejak bergabung sampai diberhentikan karena tidak amanah dan sudah diberikan kesempatan beberapa kali, saat itu tidak pernah sepeserpun mengeluarkan apapun demi membantu kelancaran program AR Learning Center baik itu perizinan, rapat, pengurusan, kegiatan - kegiatan, iuran dan infaq bersama serta lebih banyak menerima daripada mengeluarkan. Serta memaksa menjadi ketua dengan tidak ada kapasitas memimpin dengan emosi yang masih labil dan juga tidak pernah berkontribusi dalam hal finansial.

"Hati - Hati Coach jangan ngebut, Happy - Happy Fun saja coach,  in Syaa Allah ada jalan terbaik untuk Coach, lembaga dan Yayasan," tambah Coach Doktor Dadang Suhardi selaku Dewan Pembina Yayasan juga peraih Trainer kolaborasi terbaik di AR Learning Center.

Pengakuan ini resmi dibuat dengan sadar dan disampaikan tanpa ada kebohongan serta murni. Terkait hal ini semua pengurus dan sebagian trainer bisa memilih mana yang benar mana yang salah.

Perihal berita sebelumnya yang telah dimuat di salah satu laman kompasiana dan retizen republika dengan penulis atas nama Ibrahim Hasan Lubis serta pernyataan Zulhamus Syafira. Semoga klarifikasi ini menjawab berita yang dibuat tentang AR Learning Center yang dikatakan bubar tanpa ada keputusan para dewan pembina, dewan pengawas Yayasan Pusat Pembelajaran Nusantara dan pengurus manajemen serta staf Lembaga AR Learning Center juga pendiri resmi. (AH)

Berita Lainnya

Index