Penyerahan 300 Buah Bibit Tanaman

Dari Kukerta UNRI Ke Desa Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar

Dari Kukerta UNRI Ke Desa Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar
foto Mahasiswa UNRI menyerahkan bibit

KAMPAR- Peduli lingkungan dan Go Green, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Riau melakukan penanaman bibit pohon bersama kepala desa Muara Takus dan masyarakat desa (8/8/2022)
Mahasiswa KKN UNRI memberikan 300 polybag berisi bibit yang sudah tumbuh dan telah dirawat sebelumnya. KKN UNRI bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Barito Indragiri Rokan. Bibit tanaman sebanyak 300 polybag tersebut terdiri dari 60 polybag tanaman Durian, 60 polybag tanaman Sirsak, 60 polybag tanaman Petai, 70 polybag tanaman Matoa, 25 polybag tanaman Trembesi, dan 25 polybag tanaman Mahoni .

Pemilihan jenis bibit adalah permintaan oleh Kepala Desa Muara takus dengan pertimbangan jenis tanaman yang dibagikan adalah tanaman-tanaman yang biasa digunakan oleh para masyarakat, dan dapat dijual kembali.

“Memang pemilihan bibit sendiri, perlu kami bicarakan dengan pihak desa supaya sesuai dengan kebutuhan desa. Selain itu tanaman durian, sirsak, petai, matoa  sangat diperlukan oleh masyarakat , jadi sangat bermanfaat bagi kebutuhan pangan keluarga,” tutur salah satu mahasiswa KKN UNRI Desa Muara Takus
Selain itu pihak KKN UNRI memberikan jenis tanaman pepohonan untuk mengasrikan desa Muara Takus agar senantiasa rindang. Penyerahan 300 bibit polybag diserahkan langsung kepada Ketua koordinator desa Muara Takus kepada kepala desa Muara Takus.

Koordinator Mahasiswa KKN UNRI, Mohammad Alief Candra menjelaskan, proker ini dilatarbelakangi oleh penanaman betapa pentingnya penghijauan kepada masyarakat desa muara takus, sekaligus memanfaatkan lahan kosong dan lahan warga yang tersedia.
“Juga sebagai upaya untuk menambah penghasilan masyarakat karena salah satu dari pohon yang dibagikan adalah pohon buah,” imbuhnya.

Alief, juga sempat mengutarakan harapannya dengan terlaksananya kegiatan ini. “Semoga program kerja ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan bernilai guna nantinya dan kegiatan ini dapat bernilai ibadah dan diridohi Allah SWT,” harapnya.

Masyarakat juga sangat mengapresiasi pemberian bibit ini dikarenakan kegiatan penanaman ini sangat menguntungkan warga desa dan membuat desa menjadi rimbun dan asri. Selain memberikan 300 polybag, mahasiswa KKN UNRI juga membagikan pamflet dan spanduk tentang pemberian bibit.(**) 

Berita Lainnya

Index