Meningkat, Kabupaten Inhu Raihan Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Kategori Nindya

Meningkat, Kabupaten Inhu Raihan Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Kategori Nindya
Poto Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, SE. (Mengenakan Baju hitam tengah) sedang menerima piala penghargaan

INHU - Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi, S.E menerima Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Kategori Nindya yang di serahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PPPA RI) I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E., M.Si pada Acara Malam Penghargaan Provinsi Layak Anak dan Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2022 yang diselenggarakan secara Luring di Hotel Novotel Bobor Golf Resort and Convention Ceter Kabupaten Bogor Jawa Barat dan Daring secara Virtual Zoom Meeting (Jum’at, 22 Juli 2022).

Penghargaan Provinsi Layak Anak dan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2022 diberikan sebagai Apresiasi kepada Daerah yang memiliki Komitmen yang tinggi untuk mendukung Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Khusus Anak melalui hasil Evaluasi KLA. Evaluasi dilaksanakan untuk mengukur capaian kinerja 24 Indikator yang telah ditetapkan dalam 5 Klaster.

Dalam Sambutannya Menteri PPPA RI menyampaikan “Dalam rangka mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing sebagaimana yang telah ditargetkan dalam RPJMN Tahun 2020-2024, kita semua harus menyatukan kekuatan untuk Memenuhi Hak dan Melindungi Anak-anak kita, apa lagi jumlah Anak di Indonesia mengisi sepertiga dari total populasi Penduduk Indonesia yang berjumlah kurang lebih 270 Juta Jiwa. Lebih dari itu Pemenuhan Hak dan Perlindungan Khusus Anak juga merupakan amanat dari konsitusi Undang-Undang Dasar Republik Indonesia, Konvensi Hak Anak yang telah diratifikasi oleh Republik Indonesia, serta Undang-Undang Perlindungan Anak”

“Apresiasi saya sampaikan yang setinggi-tingginya serta selamat kami ucapkan kepada Kepala Daerah yang menerima Penghargaan di tahun 2022 ini, atas segala upaya dan Kerjasama yang telah diberikan. Semoga Penghargaan ini tidak hanya dilihat sebagai tujuan akhir, tetapi sebagai penyemangat semakin maju dalam memenuhi hak dan melindungi anak di Daerah masing-masing” Ujar Bunda Bintang Puspayogo/Menteri PPPA RI (Sebutan sehari-hari Pengurus Forum Anak).

Untuk Provinsi Layak Anak yang menerima tahun 2022 sebanyak 8 Provinsi, Kabupaten/Kota Layak Anak sebanyak 312 : 121 Kabupaten/Kota Kategori Pratama, 117 Kabupaten/Kota Kategori Madya, 66 Kabupaten/Kota Kategori Nindya, dan 8 Kabupaten/Kota Kategori Utama.

“Alhamdulillah pada Tahun ini kita Kembali mendapatkan Penghargaan KLA dari Kementerian PPPA RI meningkat dari Tahun sebelumnya, dimana Tahun 2021 kita mendapatkan Kategori Madya dan Tahun ini 2022 kita mendapatkan Kategori Nindya. Terima Kasih saya ucapkan atas Kerjasama dan Komitmen kita dalam Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak di Kabupaten Indragiri Hulu kepada Seluruh Perangkat Daerah, Dunia Usaha, Media Massa, Lembaga Masyarakat dan Pendidikan dan Forum Anak. Semoga kedepannya kita lebih optimal dan meningkat hingga Kategori Utama” Ujar Bupati Wanita Termuda Se Indonesia tersebut.

Pada Malam Penghargaan tersebut turut hadir mendampingi Bupati Indragiri Hulu, Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Indragiri Hulu Syahruddin, S.Sos., MT, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hulu Wardiati, S.Sos, Para Pejabat di Lingkungan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hulu, dan Operator KLA Kabupaten Indragiri Hulu.

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index