Kemenkominfo Bersama Siberkreasi Gelar Webinar Literasi Digital untuk Komunitas di Wilayah Sumatera

Kemenkominfo Bersama Siberkreasi Gelar Webinar Literasi Digital untuk Komunitas di Wilayah Sumatera

KAMPAR, 24 Juli 2022 - Pesatnya perkembangan teknologi yang semakin terpacu akibat pandemi Covid-19 telah mendorong kita untuk berinteraksi dan beraktivitas di ruang digital. Kehadiran teknologi digital sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat inilah yang mempertegas kita sedang berada di masa percepatan transformasi digital. Pada awal tahun 2022 ini, Hootsuite dan We Are Social melaporkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 204,7 juta orang, atau meningkat 2,1 juta dari tahun sebelumnya. Percepatan penggunaan teknologi ini perlu diimbangi dengan peningkatan kapasitas literasi digital yang mumpuni agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan tepat guna.

“Masifnya penggunaan internet di Indonesia harus diakui membawa serta berbagai risiko, seperti penipuan online, hoax, cyber bullying, dan konten-konten negatif lainnya. Oleh karena itu, peningkatan penggunaan teknologi ini perlu diimbangi dengan kapasitas literasi digital yang mumpuni agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan produktif, bijak, dan tepat guna. Survey nasional literasi digital yang dilakukan tahun lalu menemukan bahwa saat ini indeks literasi digital masyarakat Indonesia masih berada pada angkat 3,49 dari skala 5, yang artinya masih di kategori SEDANG, belum mencapai kategori BAIK. Angka ini perlu terus kita tingkatkan, dan menjadi tugas kita bersama untuk membekali masyarakat kita dengan kemampuan literasi digital agar selalu siap dalam percepatan transformasi digital nasional”, ujar Semuel Abrijani Pengerapan, Dirjen Aptika Kementerikan Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dalam sambutan pembukaan kelas literasi digital program Indonesia Makin Cakap Digital 2022.

Sejak dilaksanakan di tahun 2017, program literasi digital nasional telah menjangkau lebih dari 12,6 juta masyarakat. Pada tahun 2022 pelatihan literasi digital akan diberikan kepada 5,5 juta masyarakat. Kinerja literasi digital nasional menunjukkan peningkatan dari segi kualitas. Survey nasional oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) dan Kata Data tahun 2021 menemukan bahwa saat ini indeks literasi digital masyarakat Indonesia berada pada tingkat 3,49, naik dari indeks tahun sebelumnya sebesar 3,46.

Kemenkominfo bersama mitra dan jejaring literasi digital nasional hadir untuk memberikan pelatihan pada 4 (empat) pilar utama, yaitu Digital Skills, Digital Culture, Digital Ethics, dan Digital Safety.

Di tahun ini, Kemenkominfo juga akan menyasar kelompok-kelompok strategis dalam masyarakat, seperti kelompok perempuan, UMKM dan ultra mikro, penyandang disabilitas, hingga petani dan nelayan. Program literasi digital nasional ini akan terus digulirkan untuk dapat menjangkau seluruh masyarakat Indonesia hingga ke berbagai pelosok negeri tanpa kecuali.

Berangkat dari visi tersebut, Kemenkominfo berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi kembali hadir di wilayah Sumatra untuk meningkatkan literasi digital bagi masyarakat melalui program “Indonesia Makin Cakap Digital 2022”. Program ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital dalam bentuk webinar (seminar dan diskusi secara online), talkshow dalam format hybrid (offline dan online), serta special event penunjang kegiatan literasi digital dengan target penduduk di wilayah Sumatra, khususnya di segmen kelompok masyarakat atau komunitas.

Kegiatan webinar ke - 14 akan diselenggarakan pada hari pada hari Senin, 25 Juli 2022 pukul 10.00 - 12.00 WIB dengan tema “KONSEP BISNIS DIGITAL: SELLING THROUGH E-COMMERCE PLATFORM”. Webinar ini menghadirkan Tio Prasetyo, Chief Business Officer Paberik Soeara Rakjat & Indonesia Market Editor for FIFA+; Yosi Mokalu, Ketua Umum Siberkreasi; dan Bayu Sutjiatmo, Ketua Program Studi Perdagangan Internasional Politeknik APP Jakarta & Praktis Literasi Digital; sebagai narasumber.

Kegiatan webinar akan disiarkan secara langsung menggunakan platform Zoom Meeting. Anggota kelompok masyarakat atau komunitas yang ingin mengikuti webinar tersebut dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir elektronik melalui link: https://event.literasidigital.id/daftar/21958,

E-sertifikat dan beragam hadiah menarik sudah disiapkan untuk para peserta webinar. Informasi lebih lanjut mengenai program #MakinCakapDigital dapat diakses melalui Media Literasi Digital Kominfo di website: info.literasidigital.id atau event.literasidigital.id; Instagram: @literasidigitalkominfo; dan Facebook Page: Literasi Digital Kominfo. Informasi program juga dapat diakses melalui media sosial Siberkreasi di Instagram: @siberkreasi, Facebook Page: Siberkreasi, Twitter: @SiBerkreasi, TikTok: @siberkreasi.id, dan Youtube: Siberkreasi.(rls)

#Kampar

Index

Berita Lainnya

Index