Hutama Karya Lanjutkan Konstruksi Tol Pekanbaru Padang

Hutama Karya Lanjutkan Konstruksi Tol Pekanbaru Padang

RiauKarya.com - PT Hutama Karya (Persero) terus melanjutkan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), termasuk proyek Tol Ruas Padang - Pekanbaru sepanjang 254,8 Km. Tol Padang Pekanbaru ini dibangun secara bertahap demi memperlancar konektivitas antar Provinsi Riau dan Sumatera Barat.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan bahwa hingga saat ini proses konstruksi di Jalan Tol Pekanbaru - Padang yang terbagi atas 6 seksi berjalan cukup baik terutama untuk 3 seksi prioritas.

Proses konstruksinya berjalan signifikan, yakni Seksi 6 Pekanbaru - Bangkinang yang sudah mencapai 83% dimana untuk Km 9 sd Km 40 sudah selesai 100%. Selain itu telah dilakukan Uji Laik Fungsi Jalan Tol oleh BPJT dan pihak terkait lainnya, dan Seksi 5 Bangkinang - Pangkalan dengan progress 60%, dan Seksi 1 Padang - Sicincin mencapai 45%.

"Sedangkan sisa ruas tol lainnya yakni Seksi 4 Pangkalan - Payakumbuh (58 km), Seksi 3 Payakumbuh - Bukittinggi (34 km), dan Seksi 2 Bukittinggi - Sicincin (38 km) masih dalam tahap perencanaan," ujar Koentjoro dalam keterangan tertulis, Rabu (20/7/2022).

Di samping proses konstruksi, pembebasan lahan juga berjalan cukup baik utamanya pada ruas tol Pekanbaru - Bangkinang. Koentjoro mengatakan pembangunan ini juga dihadapkan oleh kendala di lapangan.

"Di ruas tol Padang - Sicincin, dengan kendala lahan yang sempat dihadapi, perusahaan hanya dapat mengebut konstruksi tol sesuai dengan lahan yang telah dibebaskan. Namun seiring berjalannya waktu dan dukungan dari berbagai stakeholder setempat, kami dapat kembali on track dalam menyelesaikan target pembangunan," jelas Koentjoro.

Kehadiran Tol Pekanbaru - Padang nantinya akan membawa manfaat positif bagi perekonomian dan pariwisata kedua wilayah setempat. Tol ini pun nantinya akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari Padang ke Pekanbaru dari 9 jam via jalan arteri menjadi kurang lebih 3 jam via jalan tol dengan kecepatan rerata 80 Km/jam.

Selain itu, tol ini juga akan membuka konektivitas antar-wilayah dalam rangka memperlancar distribusi logistik, serta menghubungkan dua pelabuhan laut yang berada di Padang dan Dumai, Riau serta akan mengefisienkan mobilitas orang dan barang

"Tol Pekanbaru - Padang direncanakan terdiri dari 8 Simpang Susun, 3 On/Off Ramp, dan 12 Gerbang Tol. Kami pastikan usaha maksimal untuk percepatan pembangunan tol ini baik dari sisi konstruksi, maupun pembebasan lahannya," pungkasnya.**

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index