Ini Alasan Pemerintah Bubarkan Ormas HTI

Ini Alasan Pemerintah Bubarkan Ormas HTI
Wiranto / foto: net
weRiau.com – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mengatakan, pembubaran ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) merupakan hasil keputusan rapat terbatas dengan Kapolri, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Hukum dan Ham serta Kejaksaan Agung.
 
"Siang hari ini saya melakukan satu rapat koordinasi terbatas atas pernyataan bapak presiden, bahwa ormas yang nyata nyata bertentangan dengan Pancasila atau negara, maka dilakukan pengkajian yang mendalam dan dilakukan langkah yang cepat dan tegas," kata Wiranto di kantor Menko Polhukam, Jakarta, Senin 8 Mei 2017.
 
Wiranto menambahkan, atas berbagai informasi yang diterima Presiden Joko Widodo, mengenai ormas yang bertentangan dengan Pancasila, maka diinstruksikan jajaran Menkopolhukam untuk melakukan kajian dan menyelesaikan permasalahan ini.
 
"Siang hari ini, kami memfinaslisasi satu proses yang cukup panjang, mempelajari ormas-ormas di Indonesia yang jumlahnya ribuan. Untuk mengarahkan mereka dalam kordidor yang ditetapkan dalam ciri dan azas menuju satu titik berdasarkan Pancasila," ujar mantan Pangab itu.
 
Dari hasil kajian mendalam dan rapat terbatas lintas kementerian di bawah Menkopolhukam, pemerintah memutuskan untuk membubarkan HTI.
"Mencermati berbagai pertimbangan di atas, serta menyerap aspirasi masyarakat, Pemerintah perlu mengambil langkah hukum secara tegas untuk membubarkan HTI," ujar purnawirawan jenderal bintang empat ini. (viva)

Berita Lainnya

Index