Kriminal

Jumlah Tahanan di Riau 5 Kali Lipat Jumlahnya Dari Kapasitas Rutan

Jumlah Tahanan di Riau 5 Kali Lipat Jumlahnya Dari Kapasitas Rutan
Yasona laoly /foto: net
PEKANBARU - Usai meninjau kondisi Rutan Klas IIB Sialang Bungkuk Pekanbaru, Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly mengatakan kapasitas tampung Rumah Tahanan (Rutan) atau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Riau sudah tak mampu tampung jumlah tahanan yang ada.
 
Dari data yang Yasonna dapat dari Kanwil Kemenkumham Riau, jumlah tahanan atau penghuni rutan dan lapas di Riau sudah capai angka 10 ribu lebih. Sementara daya tampung normalnya hanya sekitar 2 ribu orang saja.
 
"Daya tampungnya sudah tak mencukupi lagi. Bahkan jumlah tahanannya lebih dari 500 persen dari daya tampung yang bisa dimuat," kata Yasonna saat berkunjung, Ahad, 7 Mei 2017.
 
Untuk itu, Yasonna berencana akan tambah daya tampung tahanan dengan membangun gedung baru. Namun belum dijelaskan apakah penambahan akan dilakukan di lokasi baru atau menambah di lokasi yang sama.
 
Ia akan terlebih dulu menghitung anggaran yang dibutuhkan dan melihat ketersediaan anggaran di pusat. Ia mengatakan, pembangunan mungkin akan dilakukan mulai tahun 2018 mendatang.
 
"Masalah ini memang menjadi kendala di Indonesia. Tapi ini tidak boleh dijadikan alasan, seharusnya dari awal dideteksi dan didistribusikan," tandas Yasonna. (r24)

Berita Lainnya

Index