Dana Desa Tahap Pertama Sudah Cair

Dana Desa Tahap Pertama Sudah Cair
Ilustrasi
weRiau.com - Sedikitnya terdapat 140 kabupaten dari 434 kabupaten yang hingga bulan April telah menerima kucuran dana desa tahap pertama dari pemerintah pusat.
 
Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Anwar Sanusi seusai mengikuti pertemuan dengan 13 bupati di salah satu hotel di Jakarta, Kamis (27/4/2017).
 
Menurutnya, dana desa yang dikucurkan untuk 74.910 desa yang tersebar di 434 kabupaten tersebut yakni sebesar Rp60 triliun dengan pencairannya terbagi dua tahapan yakni bulan April dan Agustus.
 
"Pencairan dana desa untuk tahap pertama pada bulan april baru sekitar 40 persen. Memang belum 100 persen karena masih terdapat kendala," katanya.
 
Kendala tersebut, kata Anwar, disebabkan permasalahan administrasi seperti laporan penggunaan dana desa pada 2016 yang masih belum diselesaikan. Laporan tersebut merupakan kewajiban yang harus dibuat oleh setiap desa dan kabupaten.
 
"Inilah yang menjadi persoalan lambatnya pencairan dana desa ke kabupaten. Oleh karena itu, kita akan terus lakukan pemantauan dan pendampingan terhadap desa atau kabupaten yang belum menyelesaikan laporan penggunaan dana desa," katanya.
 
Bukan hanya itu, tambah anwar, Kemendes PDTT akan melakukan koordinasi dengan kementerian dalam negeri agar kedepannya membuat sistem berbasis IT untuk memudahkan laporan penggunaan dana desa
 
"Kami akan terus koordinasi dengan Kemendagri untuk membuat laporan penggunaan dana desa yang lebih sederhana lagi," katanya.
 
Anwar menargetkan untuk pencairan dana desa tahap pertama akan terselesaikan pada bulan Mei atau sebelum pencairan dana desa tahap kedua pada bulan Agustus mendatang.
 
"Dana desa tahap kedua dicairkan bulan Agustus. Mudah-mudahan dibulan Mei semuanya bisa cair. Kami targetkan Mei sudah cair semua," tegasnya. (bsc)
 

Berita Lainnya

Index