6 Tips Membeli Mobil Pertama untuk Pemula

6 Tips Membeli Mobil Pertama untuk Pemula
Sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/depan-mobil-abu-abu-235066/

Ketika sudah memiliki penghasilan yang cukup, rata-rata orang tentu memikirkan untuk membeli mobil yang lebih aman dan nyaman. Perlu diketahui, saat membeli mobil pertama, tentu harus memikirkan banyak pertimbangan. Anda juga wajib memahami tips membeli mobil pertama. 

Saat membeli mobil pertama, Anda tentu tidak boleh gegabah yang bisa mengakibatkan rugi setelah membelinya. Masukan dari orang lain memang penting, tapi Anda juga perlu tahu strateginya supaya dapat menemukan mobil yang sesuai kriteria.

 

Inilah Cara Memilih Mobil untuk Pertama Kali Biar Tak Rugi   

Untuk yang masih bingung saat berencana melakukan pembelian mobil pertama, jangan khawatir. Segera simak beberapa tips berikut ini.

1. Sesuaikan Kebutuhan

Penting sekali bagi Anda yang ingin membeli mobil pertama, untuk menyesuaikan pembelian mobil berdasarkan kebutuhan. Anda harus tahu fungsi dan kegunaan mobil serta tentukan kebutuhan. 

Misalnya untuk Anda yang masih single dan punya hobi jalan-jalan, maka bisa memilih mobil dengan tipe SUV. Mobil tipe ini memiliki ground clearance yang tinggi sehingga aman dibawa untuk jalanan dengan kondisi apapun. 

Sementara untuk yang sudah berkeluarga, pilihan mobilnya juga berbeda. Misalnya saja Anda harus memiliki mobil yang sedikit lebih lega. Seperti apakah kapasitas penumpang yang besar hingga ukuran kabin yang luas. Hal ini untuk membuat Anda tetap nyaman di dalam mobil bersama istri dan anak. 

2. Sesuaikan Kemampuan

Selanjutnya saat berencana ingin beli mobil maka sesuaikan dengan budget atau kemampuan Anda. Setiap orang tentu memiliki budget masing-masing, ketika ingin membeli sebuah barang. Saat sudah menemukan tipe dan jenis mobil yang diincar, lalu perhatikan apakah dana yang Anda miliki cukup untuk membeli mobil tersebut.

Terkadang saat membeli mobil untuk pertama kali orang-orang bisa tergoda dengan jenis mobil mewah. Namun perlu diketahui, bahwa mobil mewah harganya tidak ada yang murah. Sah-sah saja beli mobil mewah asal budgetnya pas. 

Jangan sampai menguras kantong hingga dana darurat Anda juga terpakai, untuk membeli mobil tersebut. Karena saat membeli barang dengan harga yang mahal, harus memperhatikan kesehatan financial tentunya. 

3. Pahami Fitur yang Dibutuhkan

Setiap mobil berbeda jenis dan merk tentu beda pula fitur yang ditawarkan. Untuk itu, Anda juga harus memilih mobil berdasarkan fitur yang dibutuhkan untuk menambah kenyamanan saat mengendarai mobil tersebut. 

Misalnya Anda membutuhkan fitur hiburan maka pilih mobil yang punya fitur-fitur terbaik dalam entertainment, jika memungkinkan terdapat fitur hiburan yang paling update. 

Perhatikan juga bagaimana fitur keamanan pada mobil terutama jika Anda memiliki balita. Saat membawa balita di dalam mobil, maka wajib menggunakan fitur khusus supaya bayi tetap aman didudukkan di kursi belakang. 

4. Irit Bahan Bakar

Selanjutnya tips membeli mobil pertama adalah dengan memilih mobil yang bahan bakarnya irit. Apalagi di zaman sekarang, harga bahan bakar terus melambung naik dan macet di mana-mana terlebih untuk Anda yang tinggal perkotaan. Sehingga diusahakan cek konsumsi bahan bakar mobil tersebut. 

Biasanya untuk mobil dengan tenaga besar, maka membutuhkan bahan bakar yang besar pula. Untuk itu kembali lagi sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tidak perlu memilih mobil dengan tenaga yang besar jika kebutuhannya hanya untuk mobil yang dikendarai di area perkotaan saja dan aktivitas yang jaraknya dekat. 

5. Harga Jual Mobil Stabil

Setiap orang tentu memiliki kebutuhan masing-masing saat beli mobil. Maka dari itu usahakan untuk membeli mobil dengan harga jual yang tetap stabil. Artinya jika ada kemungkinan mobil yang Anda beli harus dijual kembali, maka tidak mengalami penurunan harga yang terlalu jauh. 

Perhatikan harga jual kembali untuk memastikan mobil tidak akan mengalami penurunan harga sampai 50% dalam kondisi bekas. Salah satu mobil dengan penjualan yang cukup stabil ketika dijual kembali adalah Mitsubishi Xpander. Mobil keren satu ini  memiliki desain yang stylish, suspensi nyaman dan juga fitur keselamatan yang cukup lengkap.  

6. Pilih Mobil dengan Perawatan Mudah

Sebisa mungkin temukan mobil dengan perawatan yang mudah. Artinya Anda harus memilih mobil yang mudah ditemukan bengkel resminya. Pada beberapa tipe kendaraan tertentu yang sedikit peminat, maka sedikit pula hadir bengkel resmi. Usahakan untuk mencari mobil yang bengkel resminya mudah dijangkau dan ada dimana-mana. 

Selain itu jangan lupa memilih mobil yang mudah ditemukan spare part atau suku cadang, terutama untuk suku cadang asli. Hal ini untuk berjaga-jaga manakala terjadi kerusakan pada spare part mobil Anda, saat dikendarai. Jika menggunakan suku cadang yang umum, maka lebih mudah ditemukan di setiap bengkel. 

Itu tadi  beberapa tips membeli mobil pertama yang harus Anda pertimbangkan, apalagi ketika sudah menemukan mobil yang diincar sejak lama. Untuk Anda yang ingin membeli mobil pertama baik dalam kondisi baru atau bekas, maka bisa dengan mudah menemukannya hanya di Blibli

Di Blibli hadir jenis dan tipe mobil terlengkap mulai dari mobil kategori umum sampai mobil-mobil mewah. Segala transaksi pembelian mobil di Blibli tentu saja aman dan bisa dipastikan mobil yang dijual adalah mobil dengan kualitas terbaik. 

Anda bisa melakukan pembelian mobil di marketplace terpercaya di Indonesia ini, baik secara cash maupun kredit. Untuk info lebih lengkap dan penawaran harga terbaik, maka bisa langsung kunjungi Blibli lewat aplikasi maupun website resminya.

#Ekonomi

Index

Berita Lainnya

Index