Pesawat Latih Bandara Japura akan Ditambah

Pesawat Latih Bandara Japura akan Ditambah
foto : int
INHU - Pesawat latih untuk menunjang pendidikan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) di Bandara Japura Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau akan ditambah. Sayangnya, kapasitas parkiran pesawat di Bandara Japura tak muat karena belum memadaiuntuk menampung tambahan pesawat.
 
"Sudah ada lima pesawat latih. Mau ditambah lagi tapi belum ada tempat parkirnya," kata Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru, Jumat (14/4/2017).
 
Belum lama ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah meneken nota kesepakatan (MoU) bersama Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Kementerian Perhubungan RI, Wahju Satrio Utomo untuk menjadikan Bandara Japura sebagai Satelite Base Flight Training bagi taruna STPI yang ada di Curug, Tangerang, Provinsi Jawa Barat.
 
Untuk memfasilitasi sarana latihan ini, setidaknya telah disiapkan sebanyak lima pesawat latih. Sedangkan, jumlah taruna yang berada di Japura saat ini ada sebanyak 50 taruna.Selama ini, tempat latihan penerbangan taruna SPTI hanya ada dua di Indonesia, yaitu Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur dan Curug di Provinsi Jawa Barat.
 
"Bandara Japura menjadi tempat ketiga tempat latihan penerbangan. Tentu saja ini menguntungkan bagi masyarakat Riau," imbuh Gubri.
 
Orang nomor satu di Riau itu pun terakhir kali meninjau Bandara Japura pada Rabu (29/3/2017) lalu. Saat itu, ia menemani rombongan Kepala BPSDM, Kemenhub, Wahju Satrio Utomo. (mcr)

Berita Lainnya

Index