Kecamatan Pangean Matangkan Persiapan Pacu Jalur

Pacu Jalur / foto : net
KUANSING - Pemerintah Kecamatan Pangean memaksimalkan persiapan pelaksanaan iven pacu jalur tradisional dalam rangka peresmian jembatan penyeberangan Sungai Kuantan, yang akan dihelat di Tepian Rajo Pangean, 3 hingga 5 Mei mendatang. 
 
‘’Kami terus melakukan persiapan untuk melaksanakan pacu jalur. Pada intinya, Pangean siap menghelat pacu jalur pada 3 hingga 5 Mei mendatang,’’ ujar Camat Pangean, Budi Asrianto, Jumat (14/4). 
 
Pihaknya melalui panitia pacu jalur telah menyebarkan undangan untuk dua kabupaten, Kuansing dan Inhu. Oleh sebab itu, Camat Pangean mengajak agar seluruh jalur berpartisipasi atau ikut serta mengikuti pacu jalur di Pangean sebagai wujud nyata melestarikan tradisi asli masyarakat Kuansing. 
 
‘’Undangan sudah mulai diedarkan. Seluruh jalur diundang, sampai ke Inhu. Sangat besar harapan kami, jalur-jalur yang ada di Kuansing dan Inhu ikut berpacu menjadi yang terbaik di Tepian Rajo Pangean,’’ harap Budi Asrianto. 
 
Apalagi iven pacu jalur di Pangean tahun ini, menurutnya, memperebutkan hadiah yang cukup menjanjikan. Di samping itu, pelaksanaan pacu jalur ini juga adalah pembuka pacu jalur di tahun 2017 jelang menghadapi iven pacu jalur di tingkat rayon dan nasional. ‘’Kami yang pertama menghelat iven pacu jalur di tahun ini, semoga jalur lain hadir di Pangean,’’ katanya. 
 
Sesuai keinginan masyarakat, pelaksanaan pacu jalur dalam rangka peresmian jembatan yang dibangun oleh Pemprov Riau itu akan dibuka secara langgsung oleh Gubernur Riau H Arsyajuliandi Rachman. Namun rencana itu, diakuinya, belum tentu terwujud, karena harus menunggu kepastian dari orang nomor satu di Riau itu. ‘’Sekarang sedang kami koordinasikan dengan provinsi,’’ katanya. 
 
Pacu jalur yang memperebutkan total hadiah sebesar Rp52 juta diharapkan diikuti banyak jalur. Untuk juara 1, disiapkan hadiah uang tunai sebesar Rp13 juta plus piala tetap. (rpc)





[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar