105 Warga Inhu Jalani Operasi Katarak Gratis di RSUD Indrasari

105 Warga Inhu Jalani Operasi Katarak Gratis di RSUD Indrasari
Direktur RSUD Indrasari drg Siska Listianti didampingi Kepala TU, Aris berfoto bersama para warga yang akan menjalani operasi katarak gratis di RSUD Indrasari, Pematang Reba.
INHU - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indrasari Kabupaten Inhu menggelar operasi katarak gratis bagi warga kurang mampu, Jum'at (14/4/2017). Pelayanan operasi ini merupakan hasil kerjasama antara Pemkab Inhu dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) cabang Riau.
 
Kepala TU RSUD Indrasari, Aris mengatakan sebanyak 217 warga Inhu dari berbagai kecamatan terdaftar sebagai pasien operasi katarak gratis, namun dari jumlah tersebut hanya 105 warga yang menjalani operasi. 
 
"Sebelum dilakukan operasi, seluruh pasien menjalani screening terlebih dahulu oleh tim dokter RSUD Indrasari, alhasil hanya 105 yang dapat menjalani operasi, sedangkan sisanya belum bisa, sebab ada yang gula darah maupun tensinya tinggi dan lain sebagainya," terangnya.
 
Dalam operasi tersebut, kata Aris, pihak Perdami cabang Riau menurunkan 12 dokter spesialis mata, 12 asisten operasi, 10 dokter Koas (dokter umum yang menjelang lulus).
 
Pada kesempatan tersebut, Aris juga mengungkapkan usai menjalani operasi ini, para pasien akan mendapatkan pelayanan kontrol gratis sebanyak tiga kali, yaitu pada tanggal 17 April, 20 April, dan 10 Mei. 
 
"Karena pada 17 April dilakukan kontrol pertama pasca operasi, bagi pasien yang rumahnya jauh tidak usah khawatir, sebab RSUD Indrasari sudah menyiapkan ruangan khusus di ruang bedah untuk para pasien beristirahat," ujarnya.
 
Pria yang berasal dari Pekalongan, Jawa Tengah ini mengungkapkan, katarak dapat menjadi permasalahan tersendiri bagi warga karena terganggunya penglihatan. Diharapkan, dengan layanan operasi katarak gratis ini, dapat menjadi solusi bagi warga Inhu yang menderita katarak.
 
Sementara itu, Direktur RSUD Indrasari, drg Siska Listianti mengucapkan terima kasih kepada Perdami cabang Riau yang telah membantu masyarakat Inhu khususnya penderita katarak.
 
"Ucapan khusus kepada Bapak Bupati Inhu, H. Yopi Arianto SE, karena berkat kepedulian beliau akhirnya operasi katarak gratis ini dapat terlaksana," sebutnya.
 
Siska pun berharap kegiatan serupa dapat terus berlanjut, karena masih banyak masyarakat yang membutuhkan akan operasi katarak gratis ini. Dan kepada warga yang telah menjalani operasi pada hari ini, semoga dapat  segera diberi kesembuhan, sehingga dapat melihat dengan normal seperti sedia kala. (dil)

Berita Lainnya

Index