Babinsa Rumbai Jaya Menggalakkan Kebersamaaan Dalam Keberagaman Lewat Ronda Malam

Babinsa Rumbai Jaya Menggalakkan Kebersamaaan Dalam Keberagaman Lewat Ronda Malam
Babinsa dan Kepala Desa Menggerakkan Ronda Malam

INHIL - Babinsa Rumbai Jaya dan Kepala Desa menggerakkan kembali ronda malam guna menjaga keamanan dan menggalakkan kebersamaan antar warga beragam profesi sekaligus menjaring aspirasi dari Masyarakat, Senin (10/4/2017).

Babinsa Rumbai Jaya Koramil 03/Tempuling Serda Mardia kerap memantau dan mengunjungi warganya yang melakukan ronda malam, selain untuk menciptakan keamanan di wilayahnya juga untuk menjaring aspirasi warga.

Menurut Mardia selain untuk memastikan ronda berjalan baik, melalui ronda itu ia juga bisa berbaur bersama warga dan berdiskusi.

" Langkah ini sangat efektif untuk pelaksanaan Pembinaan Teritorial serta mengetahui keadaan warga yang sesungguhnya, " Ucapannya.

Karena mendapatkan banyak masukan dan keluhan yang dialami warga serta menjalin Kemanunggalan TNI dengan Rakyat. 

Untuk mengetahui kondisi warga, tidak bisa hanya menunggu di belakang meja. Tapi harus terjun langsung. Inilah yang dilakukan, setelah mengabsen jadwal ronda warga, biasanya ia menyempatkan diri untuk berdiskusi. Dia dapat banyak masukan dan keluhan dari warga.

Serda Mardia menjelaskan, dengan berdiskusi langsung dengan warga, otomatis warga diajak terlibat langsung untuk bersama-sama memikirkan Keamanan Desanya.

" Dengan cara ini diharapkan akan tertanam rasa memiliki, dan warga akhirnya termotivasi untuk membangun desanya serta bertanggung jawab Keamanan masing-masing. Apa yang kurang, apa yang menjadi masalah, semua diskusikan bersama, " Imbuhnya.

Sementara terkait keamanan, Babinsa Serda Mardia meminta masyarakat untuk tetap kompak menjaga kondusivitas di lingkungannya masing-masing. Warga diharapkan tidak mudah terprovokasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang memecah belah persatuan.

Beliau juga menjelaskan banyaknya aksi kriminalitas di Desanya tersebut membuat dirinya selaku Aparat Keamanan mengajak warga untuk aktif ronda.

Babinsa dan Kepala Desa sudah mengatur Ronda malam di rumbai jaya di laksanakan setiap RT yang ada di rumbai jaya, dengan cara bergiliran setiap warga, tiap pos ronda atau tiap RT yang jaga malam 4 orang setiap pos ronda menjadi tanggung jawab ketua RT untuk pelaksanaan nya, kepala Dusun, ketua RW dan RT selalu kordinasi sama Babinsa untuk pelaksanaan ronda malam, ronda malam di dusun rumbai jaya mulai jam 22.30 WIB sampai jam 05.00 WIB ini semua dilaksanakan untuk menjaga kekompakan antar warga dan untuk menjalin kerja sama antar warga dan kerja sama aparat desa dengan warga nya dan mengantisipasi terjadi ancaman keamanan dan ketertiban di masyarakat rumbai jaya, karena desa rumbai jaya terletak di jalan lintas propinsi sehingga memudahkan bagi warga dari luar untuk berbuat Kenakalan.

" Dengan ada nya ronda malam bisa mempersempit atau memperkecil kesempatan kalau ada yang berniat menganggu Kamtibmas desa rumbai jaya dan kalau ada kejadian cepat bisa sampai ke warga yang lain yang lagi istirahat, " Paparnya.

Setelah ada ronda, kampung ada kehidupan dan ada musyawarah malam hari. Warga pun tidak perlu lagi takut ke luar rumah. Pelaku kriminal pun harus berpikir dua kali jika berbuat kejahatan kalau melihat aktivitas ronda.

Kepala Desa Rumbai Jaya, Indra Setiabudi mengatakan tadinya siskamling mulai redup, tapi setelah ada instruksi dari Aparat desa dan di Bantu oleh Bapak Babinsa maka desa kami mulai aktif lagi mengadakan Roda malam. 

Dia mengatakan, seharusnya kegiatan seperti ini tidak perlu redup karena ini baik untuk menciptakan rasa aman, sekaligus membantu kerja pihak keamanan.

Kegiatan siskamling ini dilaksanakan digardu atau pos jaga yang didirikan secara swadaya oleh masyarakat setempat. 

Kini, tinggal kesadaran warga untuk meningkatkan keamanan di wilayahnya. Sebab, tanggungjawab keamanan pertama ada di tangan warga. Saat ronda, siapa pun mereka yang menjadi warga, tak peduli posisi dan jabatannya, akan tetap bersama berbaur menjadikan keberagaman sebagai kebersamaan.(pur)

Berita Lainnya

Index