HIMABIO FMIPA UNRI Gelar Acara Leader Training of Biology (LTB)

Pekanbaru - Jurusan Biologi FMIPA Universitas Riau menggelar kegiatan Leader Training of Biology (LTB) ke-XI. Kegiatan yang dilaksanakan selama sehari pada Minggu (07/11/2021) ini dilakukan secara  online dan semi offline di ruang baca dan ruang jurusan Biologi FMIPA Universitas Riau dengan  mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan LTB XI ini merupakan suatu kegiatan dari dinas kaderisasi, dan inti kegiatan ini adalah untuk pembekalan mahasiswa baru seperti pengenalan teknik sidang serta pentingnya administrasi yang ditaja oleh Dinas Kaderisasi HIMABIO FMIPA UNRI dengan mengangkat tema “Be a Super Leader from Earth”.

Kegiatan pengkaderan ini biasanya dilakukan secara tatap muka, namun kali ini dilakukan dengan cara  yang berbeda demi terlaksananya tujuan dari kegiatan tersebut yaitu untuk membangun karakter,  menumbuhkan jiwa kepemimpinan, dan sikap tanggung jawab mahasiswa baru.

Panitia pelaksana sendiri telah menyiapkan rancangan kegiatan dengan semenarik mungkin yang dilengkapi dengan seminar kepemimpinan, seminar administrasi, travo, serta pelatihan dan simulasi sidang yang diharapkan dapat bermanfaat dan berguna bagi mahasiswa baru yang akan menjadi seorang pemimpin.

Dalam sambutannya, Leader Training of Biology (LTB) XI, Dr. Rr. Sri Catur Setyawatiningsih, M.Si menjelaskan tentang pentingnya suatu kepemimpinan.

“Bahwa dalam kepemimpinan ini adalah membangun karakter, melatih soft skill individual, belajar berorganisasi, dan membangun kepercayaan diri. Ibu juga berharap agar semua khususnya angkatan 2021  aktif dalam kegiatan organisasi di Himabio ini nantinya,” ucap Dr. Rr. Sri Catur Setyawatiningsih, M.Si dalam kata sambutan sekaligus pembukaan acara Leader Training of Biology (LTB) XI. 

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Mahasiswa HIMABIO FMIPA UNRI, Riski Alfikri menyebutkan 
”Leader Training of Biology ini merupakan rangkaian acara TO 1 dari Dinas Kaderisasi yang bertujuan 
untuk membentuk adik-adik menjadi seorang pemimpin dan juga mengetahui dasar-dasar dari 
kepemimpinan itu sendiri, administrasi, travo, dan teknik persidangan. Sehingga di Acara LTB inilah 
yang nantinya kita akan mendapatkan ilmu yang wajib dan sewajarnya mahasiswa ketahui."

Selain itu, ditambahkan Ketua Pelaksana Leader Training of Biology (LTB) XI Jurusan Biologi 
Universitas Riau, Jhon berharap dengan kegiatan ini akan banyak ilmu yang didapat oleh seluruh peserta 
yang ikut dalam kegiatan ini, serta mendapatkan output yang baik. Karena di sini akan dilatih 
kepemimpinan, terkhusus angkatan 2021. 

Pada kegiatan ini mahasiswa baru tidak hanya diperkenalkan dengan pemateri-pemateri yang sudah kompeten di bidangnya masing-masing, tetapi juga diajarkan bagaimana cara menjadi seorang pemimpin, keadministrasian dalam sebuah organisasi, cara orasi yang baik dan benar, serta teknik persidangan yang  akan berguna ketika akan terjun ke dunia organisasi baik tingkat jurusan, fakultas, maupun universitas.

Dan bahkan dalam kegiatan LTB XI ini ditanamkan pula bagaimana sikap menghargai seseorang dan 
menjadi pendengar yang baik.






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar