Pimpin Upacara Hari Santri Nasional, Bupati Rezita Sampaikan 'Kado Indah' Presiden Jokowi

INHU - Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi, SE hadir sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara pada Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Indragiri Hulu, Selasa (26/10/2021) yang dipusatkan di Lapangan Upacara Pondok Pesantren Nur Alif Desa Seko Lubuk Tigo, Kecamatan Lirik.

Dalam sambutan Menteri Agama yang dibacakan Bupati Rezita, menjelaskan bahwa Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober ditetapkan melalui Keputusan Presiden No 22  tahun 2015 yang merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. 

Pada peringatan Hari Santri tahun ini mengusung tema Santri Siaga Jiwa Raga, sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia dan mewujudkan perdamaian dunia.
Lebih lanjut, pada amanat Menteri Agama disampaikan juga Tema Santri Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting dan relevan di era pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, dimana kaum santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan 5M+1D (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan do'a) dan menjadi teladan dalam pelaksaaan vaksin yang saat ini sedang diprogramkan oleh pemerintah.

Disebut juga bahwa pada peringatan Hari Santri Tahun 2021 ini, kalangan pesantren kembali mendapatkan kado indah dari Presiden Joko Widodo berupa Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren yang tertuang pada Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2021. Oleh karena itu, melalui momen Upacara Hari Santri Tahun 2021 ini presiden mengajak bersama-sama untuk mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiyai, santri, yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, upacara yang dilaksanakan oleh personil dari Pondok Pesantren Nur Alif, Bidang Ponpes Kementerian Agama Kab. Inhu dan Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Inhu tersebut dilanjutkan dengan pertunjukan para santri dari Ponpes se-Kabupaten Indragiri Hulu serta peresmian gedung baru Madrasah Aliyah Ponpes Modern Nur Alif oleh Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi.

Turut hadir dalam upacara tersebut diantaranya jajaran Forkopimda Inhu, Kakan Kemenag Kab. Inhu, Camat Lirik, Forkopimcam Lirik, BKMT, pimpinan Ponpes se-Kabupaten Inhu, Kades se-Kecamatan Lirik, perwakilan sejumlah organisasi Islam, Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Inhu serta undangan lainnya.***






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar