Alhamdulillah, Usulan Bupati Rezita Disetujui Kemenkes, Inhu Terima 25 Ribu Dosis Vaksin Covid-19

Usulan Bupati Rezita Disetujui Kemenkes, Inhu Terima 25 Ribu Dosis Vaksin Covid-19

INHU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) terus berupaya dalam percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Inhu sebagai bentuk pencegahan penularan Covid-19. Namun upaya ini tidak didukung dengan jumlah dosis vaksin di Kabupaten Inhu. 

Oleh karena itu untuk mengatasi persoalan keterbatasan jumlah vaksin itu Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi langsung mengajukan surat permohonan untuk pemenuhan kebutuhan vaksin kepada Menteri Kesehatan (Menkes) RI. Hasilnya pada Sabtu (9/10/2021), Pemkab Inhu menerima 12.500 vial vaksin coronavac atau setara dengan 25.000 dosis vaksin. 

Rezita Meylani Yopi menyampaikan vaksin tersebut akan segera didistribusikan ke seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Inhu. "Kita berupaya mengejar target vaksinasi kita, oleh karena itu kita menargetkan untuk per harinya dilakukan seribu vaksinasi di seluruh Inhu," ujar orang nomor satu di Kabupaten Inhu itu, Sabtu (9/10/2021 sore. 

Rezita juga menyampaikan terimakasih kepada Kementrian Kesehatan yang telah menyetujui usulan yang dikirimkannya. Hal ini dikarenakan Kabupaten Inhu menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Riau yang disetujui usulan penambahan vaksin nya oleh Kementrian Kesehatan. 

Lebih jelasnya, Rezita mengirimkan surat usulan pemenuhan vaksin di Kabupaten Inhu pada tanggal 3 September 2021 lalu. Di dalam surat tersebut dijelaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Inhu terkendala karena ketersediaan vaksin. Terkhususnya untuk cakupan vaksin dosis pertama yang dapat dilaksanakan kurang lebih hanya 15 persen dari total target vaksinasi di Inhu. Di dalam surat itu juga dijelaskan asumsi kebutuhan dosis untuk mencapai target vaksinasi hingga 100 persen sampai dengan Desember 2021 sekira 581.425 dosis. 

Untuk informasi, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhu total jumlah vaksin yang diterima Kabupaten Inhu per tanggal 9 September 2021 sebanyak 161.836 dosis. Sementara itu jumlah vaksin yang terpakai sebanyak 132.842 dosis vaksin dengan jumlah vaksin yang tersisa sebanyak 16.543 vial. Sementara itu, capain vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Inhu sebanyak 80.848 untuk dosis satu dan 50.729 untuk dosis dua, kemudian 1.265 untuk dosis tiga.***






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar