Dampingi Iriana Jokowi, Rezita Meylani Yopi Perkenalkan Produk Kreatif Dekranasda Inhu

Dampingi Iriana Jokowi, Rezita Meylani Yopi Perkenalkan Produk Kreatif Dekranasda Inhu
Istri Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi memperkenalkan produk kreatif Dekranasda Inhu kepada Istri Presiden RI, Iriana Jokowi
PEKANBARU - Ibu Negara Iriana Joko Widodo Rabu (29/3) berkunjung ke Provinsi Riau tepatnya di Kota Pekanbaru. Sejumlah kegiatan diikuti isteri orang nomor satu di Republik Indonesia tersebut. Antusias masyarakat dalam menyambut kunjungan Iriana Jokowi sangat kental terasa.
 
Setibanya dibandara Internasional Sulthan Syarif Kasim II Pekanbaru, Iriana beserta sejumlah rombongan Organisasi Aksi Solidaritas Era (Oase) Kabinet Kerja sekira pukul 09:40 WIB, mereka disambut dengan penampilan musik tradisional Riau kompang, yang dibawakan oleh anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
 
Usai istirahat sejenak di VVIP Bandara, rombongan yang saat itu disambut oleh Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman, Ketua DPRD Riau Hj Septina Primawati, Ketua Dekranasda Riau yang juga Isteri Gubernur Riau Hj Sisilita dan para Muspida Riau, serta sejumlah Kepala OPD Provinsi Riau, melaksanakan agenda dengan mengunjungi PAUD Mekar Jaya di Jalan KH Ahmad Dahlan Gang Sukma Kelurahan Sumahilang, atau disamping Masjid An-Nur.
 
Kehadiran Iriana Joko Widodo ini langsung disambut pimpinan dan guru PAUD yang sudah menunggu sejak pagi tadi. "Selamat pagi ibu," sapa anak-anak PAUD kepada istri Presiden RI ke tujuh tersebut.
 
Sambutan anak-anak PAUD ini langsung dibalas dengan senyuman oleh Iriana yang tampak riang bersama anak PAUD Mekar Jaya. Selain itu, Iriana juga terlihat bernyanyi bersama lagu anak-anak sambil bertepuk tangan.
 
Ditempat ini, Iriana juga berkesempatan menyapa masyarakat dan bahkan sempat memberi oleh-oleh berupa jilbab dan bingkisan menarik lainnya. Dari PAUD Mekar Jaya, sekira pukul 11.25 WIB, istri Presiden RI Jokowi ini membuka Pelatihan Guru-guru PAUD se-Provinsi Riau di Gedung Olah Raga (GOR) Volley Universitas Islam Riau, Jl. Kaharudin Nasution No. 113, Kelurahan Sago, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru.
 
Ditempat itu Ibu Negara berakting jadi anak-anak di hadapan 1700 guru PAUD se Provinsi Riau. Saat memperankan dirinya sebagai anak kecil, Iriana minta dibujuk karena sedang bersedih yang belum dijemput orang tuanya.
 
"Kenapa sedih nak, mari sini sama Ibu," kata Wulindai, Guru PAUD dari Rumbai Pekanbaru yang sedang membujuk Iriana yang seolah sedang bersedih menunggu orang tuanya.
 
Mendengar bujukan guru PAUD tersebut, Istri Presiden RI ke tujuh ini ternyata bukannya jadi riang, tapi justru ngambek karena khawatir tak juga dijemput orang tuanya. "Nggak mau," ujar Iriana dengan nada sedih.
 
Namun si guru PAUD yang sebelumnya terlebih dahulu ditunjuk secara acak ini tetap gigih agar Iriana kecil tak lagi bersedih. Menariknya, saat akting dinyatakan selesai, Guru PAUD lalu memeluk Iriana. Hal ini sesuai dengan janji panitia yang apabila dapat menjawab pertanyaan atau menjalankan akting yang diinginkan maka hadiahnya adalah dapat memeluk ibu negara Iriana Jokowi.
 
Peserta Guru PAUD lainnya juga ada diberi kesempatan yang sama, membujuk Iriana yang sedang berakting menjadi anak kecil. Selain itu, sejumlah peserta lainnya juga ada mendapatkan berbagai hadiah langsung dari Iriana Jokowi.
 
Dalam agenda utama kunjungan kerjanya ini, Iriana juga meluangkan waktunya kurang lebih satu jam untuk menyaksikan secara langsung pelatihan guru-guru PAUD se-Riau.
 
Ketika waktu menunjukkan pukul 12.40 WIB, ibu dari si bungsu Kaesang Pangarep ini menyicipi kuliner di rumah Rumah Makan HM. Yunus/Rumah Makan Khas Melayu untuk menyantap hidangan khas Riau.
 
Setelah itu, Iriana mengikuti agenda besar keduanya di Riau yaitu Sosialisasi Pencegahan Narkoba di GOR Tribuana. Ditempat itu Iriana dan rombongan bertemu dengan 1.600 siswa-siswi SMS/SMK/MA/Sederajat dan SMP se-Riau.
 
Menutup agendanya di Pekanbaru, atas ajakan istri Gubernur Riau, Sisilita Arsyadjuliandi Rachman, Iriana mengunjungi Gedung Dekranasda Provinsi Riau di Jl. Sisingamangaraja No. 140, Kelurahan Kota Tinggi, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru. Ditempat ini telah disediakan pameran hasil kerajinan Dekranasda Riau.
 
Pada kesempatan tersebut, Iriana Jokowi mengunjungi Stand Dekranasda Inhu, kedatangannya disambut oleh istri Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi. 
 
Dihadapan istri Presiden, Rezita memperkenalkan produk kreatif dari Dekranasda Inhu, salah satu produk kreatif yang menyita perhatian dan membuat kagum Iriana adalah batik asli Inhu.
 
Kekaguman tersebut bukan tanpa alasan, hal itu mengingat batik asli Inhu memiliki corak batik yang dikembangkan dari budaya Melayu asli Indragiri, yakni batik dengan corak Itik Pulang Petang dan Pucuk Rebung. Corak khas Melayu Indragiri tersebut tidak ada di daerah lain, melainkan hanya ada di Inhu.(dil)

Berita Lainnya

Index