Mahasiswa Kukerta UNRI Kelurahan Bagan Keladi Inovasikan Oshibana

Mahasiswa Kukerta UNRI Kelurahan Bagan Keladi Inovasikan Oshibana
Mahasiswa Kukerta bersama Ibu-Ibu PKK Bagan Keladi

DUMAI - Mahasiswa UNRI yang sedang Kukerta (Kuliah Kerja Nyata) di Kelurahan Bagan Keladi Kecamatan Dumai Barat telah melakukan pembuatan gantungan kunci berbahan utama bunga, Selasa (03/08).

Kerajinan merangkai bunga biasanya disebut dengan oshibana. Kerajinan ini biasanya dibuat dengan menempelkan daun atau bunga yang telah dikeringkan ke alas kain kanvas. 

Tetapi, mahasiswa Kukerta UNRI Kelurahan Bagan Keladi melakukan inovasi terbaru dengan membuat gantungan kunci berbahan utama bunga segar. Bunga yang digunakan tidak dikeringkan untuk tetap mempertahankan warna dan bentuk bunga. 

Mahasiswa Kukerta UNRI Kelurahan Bagan Keladi memilih menggunakan bunga dalam inovasi kerajinan tangan ini, karena melihat dari potensi Kelurahan Bagan Keladi yaitu banyaknya budidaya tanaman hias oleh masyarakat. 

Sehingga, bunga tersebut dapat dijadikan bahan utama pembuatan kerajinan tangan gantungan kunci dan diharapkan dapat meminimalisir biaya operasional pembuatannya.

Gantungan kunci dari bunga masih jarang diperjualbelikan di masyarakat. Sehingga, dengan dilakukannya program sosialisasi pembuatan gantungan kunci dengan bahan utama bunga segar diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kelurahan Bagan Keladi, Kota Dumai.

Program sosialisasi ini dihadiri oleh mahasiswa Kukerta UNRI dan ibu-ibu yang tergabung dalam keanggotaan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Bagan Keladi yang dilaksanakan di ruang aula Kelurahan Bagan Keladi.

Mahasiswa Kukerta UNRI tidak hanya menjelaskan kegunaan dari pembuatan kerajinan tangan gantungan kunci dari bunga, namun juga mendemonstrasikan pembuatannya secara langsung.

Pembuatan gantungan kunci, selain menggunakan bunga juga menggunakan bahan utama berupa cairan resin dan katalis. Cairan resin dan katalis yang telah dicampurkan dengan komposisi resin 1 sdm dan katalis 10 tetes, diaduk secara merata. Kemudian, cairan tersebut dituangkan ke dalam cetakan gantungan kunci yang telah dirangkai bunga di dalamnya hingga tercetak secara sempurna.

"Alhamdulillah, kegiatan ini terlaksana dengan lancar. Saya sangat mengapresiasi Mahasiswa Kukerta UNRI. Karena kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan kreativitas dari ibu-ibu di Kelurahan Bagan Keladi", ucap Julita Fitriani selaku anggota PKK yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dapat terlaksana berkat adanya arahan dan bimbingan dari Chairul Mukiyat, S.T., M.T. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Mahasiswa Kukerta UNRI Kelurahan Bagan Keladi 2021.

Berita Lainnya

Index