Jadi Narasumber Acara Kemendagri, Ini yang Disampaikan Supandi

Supandi S.Sos, MP saat menjadi Narasumber dalam acara yang ditaja Direktorat jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI)
PEKANBARU - Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinas PMD Kabupaten Indragiri Hulu, Supandi S.Sos, MP sukses menjadi Narasumber dalam kegiatan Rapat Kerja Profil Desa/Kelurahan Wilayah I (Sumatera) yang ditaja oleh Direktorat jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI), pada Jum'at (17/3/2017) di Hotel Mutiara Merdeka, Jalan Yos Sudarso No12-A Pekanbaru.
 
"Alhamdulillah, kegiatan berlangsung dengan lancar," ujar Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinas PMD Kabupaten Indragiri Hulu, Supandi S.Sos, MP saat dikonfirmasi awak media, Sabtu (18/3/2017).
 
Dalam kegiatan tersebut, lanjut Supandi, materi yang disampaikannya adalah terkait Strategi Dalam Penyusunan Pendayagunaan Profil Desa/Kelurahan. Dimana hal tersebut merupakan tonggak awal sebagai penentu arah kebijakan.
 
Dijelaskannya, Profil Desa dan Kelurahan adalah gambaran menyeluruh tentang karakter desa dan kelurahan yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, prasarana dan sarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi desa dan kelurahan.
 
Sebagai dasar pembanding dalam penyusunan pendayagunaan profil desa/kelurahan, pada tahun 2014 Pemerintah Kabupaten Inhu mengalokasikan anggaran sebesar Rp 340 juta, tahun 2015 Rp400 juta, dan tahun 2016 Rp600 juta.
 
"Alhamdulillah, pada tahun 2017 ini sudah hampir 100 persen desa dan kelurahan di Kabupaten Inhu melakukan pengisian profil," sebutnya.
 
Selain itu, pada kegiatan tersebut juga disampaikan terkait penyusunan perencanaan pembangunan, dimana Kabupaten Inhu dalam penyusunan perencanaan pembangunan mengacu pada Bottom-up dan Top Down RPJM Nasional. Kemudian dengan cara musrenbang disetiap desa dan kecamatan, touring menjemput aspirasi secara langsung, dan data faktual profil desa. 
 
Selanjutnya, melalui Alokasi Dana Desa, Pemkab Inhu telah menggelontorkan 10 persen pada tahun 2016 dan 2017, semoga menjadikan desa di Inhu semakin maju, mandiri, dan masyarakatnya sejahtera.
 
Selain Supandi, ada tiga narasumber lainnya yang juga mengisi materi dalam kegiatan tersebut, yakni Direktur Evaluasi Perkembangan Desa, Dr Eko Prasyetyanto PP. S.Si, M.Si, MA, Kepala Dinas PMD Provinsi Riau, H. Sudarman SH, MH, dan Kasubdit Evaluasi Perkembangan Desa Wilayah I, Muchtar Iman SE, MM. (dil)


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar