Tim Pengabdian Kukerta UNRI Mengunjungi UMKM Desa Banglas Barat

Potret Tim Kukerta UNRI bersama Kades Banglas Barat

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balek Kampung Desa Banglas Barat, pada Rabu (28 Juli 2021) mengunjungi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)  yang ada di Desa Banglas Barat. 

Adapun UMKM tersebut adalah UMKM Tiga Putra dan UMKM Sagu Berkah yang meliputi olahan turunan sagu. Pada kesempatan kali ini mahasiswa Kukerta langsung didampingi oleh Kepala Desa Banglas Barat Asnawi Nazar, S.Pi.

UMKM yang pertama kali dikunjungi adalah Tiga Putra milik Ibu Anita, beliau sudah cukup lama berkecimpung di dunia bisnis olahan sagu ini, dan telah memiliki beberapa karyawan.

Usaha beliau ini berkembang setelah berhasil menarik banyak perhatian pada pameran dan kontes olahan sagu. 

Adapun hasil olahan sagu dari UMKM Tiga Putra yakni ada beras analog sagu, makaroni, sagu rendang, sesagon, sagu lemak, dan masih banyak lagi olahan yang dihasilkan.

Ibu Anita menyampaikan bahwa ia sudah banyak mengikuti pelatihan, kemudian juga sudah banyak yang belajar mengolah sagu di UMKM yang beliau miliki, bahkan orang dari Papua belajar dan datang ke Meranti menemui Bu Anita untuk belajar mengolah sagu.

Selanjutnya, tim Kukerta yang didampingi kepala desa mengunjungi UMKM Sagu Berkah, UMKM ini dikelola oleh Bapak Nazarudin, dan juga telah memiliki beberapa karyawan.

Saat kunjungan berlangsung mahasiswa diajarkan dan diperlihatkan cara membuat olahan sagu seperti sagu rendang dan mie sagu. Produk olahan turunan sagu yang dikelola pada UMKM Sagu Berkah ini juga menghasilkan beberapa macam olahan yakni mie sagu, sagu rendang, sesagon, dan sagu lemak.

Kemudian saat tim Kukerta melakukan kunjungan, Bapak Nazarudin berharap mahasiswa dapat membantu dan mengajarkan beliau dalam menjual produk-produknya secara online, juga membantu pemasarannya.

Sebagai ketua tim Kukerta Desa Banglas Barat, Ryan Ilhamsyah berharap dengan adanya kunjungan ke UMKM yang ada di Banglas Barat rekan mahasiswa dapat melihat kondisi lapangan secara langsung bagaimana pengolahan dan produksi sagu, dan dapat membantu industri rumah tangga ini dengan cara membantu mengajarkan pemasaran produk secara online melalui market place.

Asnawi Nazar, S.Pi selaku Kepala Desa Banglas Barat juga berharap dengan adanya kunjungan-kunjungan yang telah dilakukan ini dapat membuat mahasiswa Kukerta untuk melihat potensi yang dimiliki desa yakni sagu dan dapat mengembangkan inovasi seperti apa yang akan diberikan kepada UMKM tersebut.

Dan juga beliau berharap agar UMKM yang ada di Desa Banglas Barat ini dapat maju dan berkembang, serta dapat memasarkan produk olahan mereka dengan optimal.

Seluruh kegiatan kunjungan UMKM yang dilakukan mahasiswa Kukerta Banglas Barat di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Yelly Zamaya, SE., ME.






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar