RSUD Indrasari Menuju Akreditasi Program Khusus

RSUD Indrasari Menuju Akreditasi Program Khusus
INHU - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu menyambut baik terobosan yang dilakukan RSUD Indrasari Rengat untuk mengejar akreditasi program khusus. Karena akreditasi program khusus ini lebih mengedepankan pelayanan dan hak pasien serta keluarga pasien selama berada di RSUD Indrasari.
 
Sesuai jadwal, proses penilaian menuju akreditasi program khusus itu akan dilaksanakan pada tanggal 5 hingga 6 April 2017 mendatang. Di mana penilaian ini langsung dilakukan oleh tim komite akreditasi rumah sakit (KARS) dari Kementerian Kesehatan RI. ‘’Terobosan yang dilakukan RSUD Indrasari Rengat perlu kita dukung semua pihak,” ujar Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Inhu Ir H Hendrizal Msi, Kamis (16/3).
 
Menurut Plt Sekdakab Inhu Ir H Hendrizal Msi berbagai persiapan yang dilakukan pihak RSUD Indrasari berupa kegiatan bakti sosial, sebagai bentuk perkenalan kepada masyarakat. Karena peserta sunatan masal dan operasi bibir sumbing diikuti ratusan anak-anak dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Inhu.
 
Pelaksanaan bakti sosial yang dilakukan RSUD Indrasari selama dua hari yakni Selasa (14/3) dan Kamis (16/3) dinilai sudah cukup maksimal. Karena pada Selasa kemaren dikhusukan untuk sunatan masal dan opererasi bibir sumbing dan pada Kamis dilanjutkan dengan operasi bibir sumbing plato (sumbing hingga langit-langit).
 
Untuk itu harapnya, selama proses penilai akreditasi program khusus mendatang hendaknya dapat dilalui dengan baik dengan berbagai persiapan yang sudah dilakukan selama ini. ‘’Ketika sudah dapat diraih akreditasi program khusus, tentunya apa yang dituangkan dalam akredutasi program khusus itu betul-betul dilaksanakan,” harapnya.
 
Sementara itu Direktur RSUD Indrasari Rengat drg Siska Listianti mengatakan bahwa, akreditasi program khusus merupakan penigkatan dari akreditasi versi 2012 yang diterapkan selama ini.
 
‘’Pelaksanaan bakti sosial ini, dalam rangka persiapan survey penilaian akreditasi versi 2012. Karena saat ini, RSUD Indrasari Rengat masih menerapkan persi lama,” ujarnya.
 
Untuk versi 2012 itu hanya sebatas lima program pelayanan, namun untuk akreditasi program khusus lebih mengarah kepada pelayanan secara keseluruan. Dimana pada akkreditasi program khusus lebih mengedepankan keselamatan pasien, hak pasien, hak keluarga pasien, keselamatan kerja, kepatuhan cuci tangan serta menerapka larangan merokok dilingkungan RSUD.
 
Makanya untuk menuju akreditasi program khusus telah dilakukan berbagai persiapan dan pelatihan bagi keluarga besar RSUD Indrasari. “Beberapa waktu lalu semua pihak mulai dari petugas keamanan, perawat dan dokter, ikuti pelatihan pelayanan hidup dasar. Melalui pelatihan ini semua pihak yang ada sudah memberikan pelayanan utama untuk keselamatan pasien,” terangnya.
 
 
 
 
Sumber: riaupos.co
Editor: redaksi

Berita Lainnya

Index